Puluhan pengurus dan kader lingkungan dari RT.02 RW.04 Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya melakukan studi tiru di Kampung Edukasi Sampah Sidoarjo, Sabtu.
 
Edi Priyanto selaku Kader Lingkungan Kampung Edukasi Sampah di Sidoarjo mengatakan topik yang menjadi fokus pembahasan dalam kegiatan ini adalah bagaimana melakukan penerapan manajemen perubahan lingkungan untuk warga.
 
Ia mengatakan, dalam mewujudkan perubahan di tengah masyarakat maka diperlukan beberapa hal yang harus diperhatikan. Pengurus harus memiliki tekad untuk berubah, peduli dan berbagi. 
 
"Berubah untuk sesuatu yang lebih baik, peduli kepada sesama warga dan lingkungan dan berbagi sesuatu baik berupa pikiran, tenaga maupun materi atau dana untuk mewujudkan lingkungan yang tenteram, bersih, sehat, indah, aman, nyaman, harmonis dan sejahtera," kata Edi.
 
Ia mengatakan, diperlukan adanya seorang change champion atau dengan sebutan "local hero", yaitu adanya tokoh masyarakat seperti ketua atau pengurus RT dan atau RW yang memiliki pengaruh di masyarakat untuk menjadi penggerak bagi warga setempat.
 
Penulis buku “local hero, RT dan RW pemimpin perubahan masyarakat ini mengatakan, juga tak kalah penting adalah dibutuhkan "change agent" atau sering disebut sebagai "kader lingkungan" yaitu warga yang berperan menjadi motor penggerak dan mengajak warga melakukan perubahan.
 
"Tentunya tidak cukup dengan adanya dua hal tersebut, dibutuhkan kesadaran dan kepedulian warga untuk turut serta menjaga lingkungan, di samping juga diperlukan peran aktif warga sekitar yang ikut terlibat dalam proses kegiatan perubahan lingkungan. Sehingga, mempunyai rasa memiliki serta yang tak kalah penting perlu adanya komunikasi dan transparansi yang baik antara pengurus dan warga," tuturnya.
 
Selain diskusi tentang program manajemen perubahan, rombongan juga melakukan studi tentang bagaimana pengelolaan urban farming yang efektif di lingkungan pemukiman warga. Demikian juga bagaimana melakukan manajemen bank sampah yang efektif serta pemakaian teknologi informasi untuk memudahkan administrasi warga dalam pengelolaan bank sampah dan administrasi RT dan RW.
 
Turut hadir memberikan sharing dan diskusi Hery Sugiono, Ketua RT.23 dan Haryanto Ketua RW.07 Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023