Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Emil Elestianto Dardak menyambut kehadiran Laksamana Pertama Tentara Nasional Indonesia (Laksma TNI) Eko Wahjono setelah dilantik sebagai Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) V. 

"Saya ucapkan selamat. Jabatan merupakan amanah yang harus dijaga dan senantiasa ikhlas dalam menjalankannya. Saya yakin dengan sederet pengalaman yang dimiliki, beliau mampu menjaga wilayah teritorial laut di Jatim," kata Wagub Emil setelah mengikuti upacara serah terima jabatan (sertijab) di Surabaya, Jumat. 

Laksma TNI Eko Wahjono menjabat Danlantamal V menggantikan Laksma TNI Supardi yang kini menempati posisi jabatan baru sebagai Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal). 

Proses sertijab dipimpin Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah. 

Wagub Emil mengenang sinergi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dengan Lantamal V yang terjalin sejak 2015, salah satunya mewujudkan pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu), khususnya masyarakat pesisir. 

Sepanjang bulan September hingga Desember 2022, sebanyak 225 rumah direnovasi bagi masyarakat yang tersebar di beberapa daerah. 

Di antaranya sebanyak 53 rumah di Sumenep, 47 rumah di Bangkalan, 15 rumah di Gresik, 30 rumah di Kabupaten , 30 rumah di Kabupaten Probolinggo dan 50 rumah di Situbondo. 

"Semoga sinergi yang sudah terbangun antara Pemprov Jatim dengan TNI AL terus berlanjut dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat," ujarnya. 

Melihat sinergitas yang sudah terjalin, Wagub Emil percaya sosok Laksma TNI Eko Wahjono sangat sentral dalam rangka mengemban tugas-tugas pokok Lantamal V. 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023