Atlet voli putri Mediol Yoku mengaku selama membela Tim Nasional Indonesia dalam ajang SEA Games 2023 Kamboja acap kali merindukan hidangan soto yang ada di Kabupaten Gresik, Jatim.

Guna mengobati rasa rindunya pada makanan berkuah kuning itu, Mediol langsung pergi menuju salah satu kedai soto di Jalan Jaksa Agung, Kabupaten Gresik, bersama rombongan KONI dan Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparekrafbudpora) setempat, seusai pulang dari Kamboja.

"Karena suka soto, jadi tadi dari bandara langsung balik ke Gresik biar bisa makan soto dulu terus istirahat," kata Mediol melalui keterangan resmi, Kamis.

Selama berada di Kamboja, dia juga lebih memilih memasak hidangannya sendiri, karena merasa tak cocok dengan makanan di Kamboja.

Diketahui, Mediol Yoku yang berstatus debutan pada ajang SEA Games 2023 mampu mempersembahkan medali perunggu bagi Timnas Indonesia, setelah mengakhiri perlawanan Timnas Filipina dalam empat set, di Olympic Main Hall, Pnom Penh, Kamboja, Minggu (14/5/2023).

Setelah SEA Games rampung, Mediol Yuko bakal pergi ke Korea Selatan untuk melanjutkan karir bersama GS Caltex Seoul KIXX musim depan.

Sementara, Bendahara KONI Gresik Ady Fitrian mengatakan sengaja menjemput Mediol Yuko, sebab hal itu merupakan tradisi yang telah lama dilakukan.

"Sesuai perintah pak Bupati, KONI dan Dispora harus menjemput atlet. Mediol tadi kami ajak makan di Surabaya ternyata dia mau pulang kangen soto. Favoritnya makan soto di sini," kata dia.

Sebelumnya sejumlah atlet yang sudah kembali ke tanah air terlebih dahulu juga dijemput dari Bandara Juanda.

Kemudian, dalam waktu dekat KONI dan Disparekrafbudpora Gresik akan menjemput Nur Atika Sari, peraih medal perak SEA Games cabang olahraga voli pantai. Dia merupakan atlet asal Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.(*)

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023