Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Jatim mengadakan pelatihan penulisan karangan khas (Karkhas) kepada pewarta serta kontributor di wilayah itu, untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pada kantor berita setempat.

"Pelatihan ini, merupakan program yang tertunda karena adanya pandemi COVID-19, tujuannya untuk 'meng-upgrade' kemampuan pewarta di Jatim dalam penulisan Karkhas atau features," kata Kepala Biro ANTARA Jatim, Rachmad Hidayat, saat membuka pagelaran itu, di Surabaya, Rabu.

Acara yang digelar bersamaan Halalbihalal itu, menghadirkan pemateri dari wartawan senior ANTARA Jatim, Masuki M Astro yang menjelaskan mengenai bagaimana memulai pembuatan Karkhas.

Uki, panggilan akrabnya, meminta pewarta di Jatim untuk mendorong peningkatan produksi tulisan Karkhas di ANTARA, sebagai upaya pemenuhan kuota public service obligation (PSO) yang ditugaskan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo atau Kominfo).

"Mulailah menulis, tidak perlu menghiraukan subyektivitas pribadi, karena itu awal untuk memulai produktif dalam penulisan Karkhas," katanya dalam kegiatan yang juga dirangkai dengan evaluasi keredaksian tematik PSO dan non-PSO itu.

Kegiatan yang penuh keakraban itu dihadiri seluruh pewarta dari berbagai daerah di Jatim, seperti Banyuwangi, Jember, Madura, Surabaya, Malang, Kediri, Madiun, dan Ponorogo. (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023