Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas 1 Surabaya, Jawa Timur, bekerja sama dengan organisasi pemberdayaan dan pembelajaran bidang rehabilitasi sosial (PLATO) mengadakan pelatihan komunikasi antarpribadi kepada pembimbing kemasyarakatan untuk menangkal informasi hoaks.
 
Kepala Bapas Kelas 1 Surabaya Arif Rahman dalam keterangan pers di Surabaya, Rabu, mengatakan infodemi atau banjir informasi palsu semakin menjadi-jadi di tengah pandemi COVID-19
 
"Saat ini kemampuan dalam mengelola dan manajemen informasi sangat penting, terutama dalam tugas di Balai Pemasyarakatan," katanya saat pelatihan komunikasi antarpribadi dengan tema "Meningkatkan Kemampuan Komunikator dalam Menyampaikan Pesan Kunci Mengelola Infodemik" yang diikuti 28 orang pembimbing kemasyarakatan.
 
Ia mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan interaksi antarpribadi para pembimbing kemasyarakatan dalam menghadapi bahaya infodemik yang meresahkan masyarakat.
 
"Kami bekerja sama dengan PLATO untuk menyelenggarakan pelatihan ini dan berharap para pembimbing kemasyarakatan dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka dalam menyampaikan pesan kunci mengelola infodemik," ucapnya.
 
Menurut dia, pelatihan ini memberikan materi dan simulasi yang mengasah keterampilan komunikasi dan interaksi antarpribadi.
 
Ia mengatakan para pembimbing kemasyarakatan belajar bagaimana mengelola informasi, menemukan fakta, membedakan berita palsu dari yang benar, dan menyampaikan pesan kunci yang efektif. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para pembimbing kemasyarakatan dalam tugas mereka sehari-hari di Balai Pemasyarakatan.
 
"Kami berharap pelatihan ini dapat membantu para pembimbing kemasyarakatan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka dalam menyampaikan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat. Dalam era Infodemi, penyebaran informasi yang benar dan tepat sangat penting menemukan langkah yang tepat untuk masyarakat" ujar Direktur PLATO Foundation Dita Aamalia.
 
Dengan adanya pelatihan ini, kat dia, diharapkan para pembimbing kemasyarakatan di Balai Pemasyarakatan Kelas 1 Surabaya dapat menjadi komunikator yang andal dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023