Bupati Bojonegoro Anna Muawanah menyerahkan santunan secara simbolis kepada enam ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan  (BPJAMSOSTEK) Cabang Bojonegoro guna mendapatkan manfaat dengan besaran nominal santunan yang berbeda-beda. 

Penyerahan santunan didampingi Kepala BPJAMSOSTEK Bojonegoro Iman M.Amin dalam kegiatan sarasehan peringatan Hari Buruh Internasional atau "May Day" 2023 yang dihadiri oleh Forkopimda, BPJAMSOSTEK Cabang Bojonegoro, pengusaha, dan pekerja di Adelia Resto pada Jumat (12/05/2023). 

"Semoga santunan yang disalurkan memberikan manfaat bagi keluarga ahli waris," ujar Bupati Anna di sela kegiatan.

Dalam kegiatan yang digelar Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bojonegoro tersebut, juga diserahkan bantuan sosial kepada 10 anak yatim.

Bupati Anna menyampaikan bahwa momentum May Day di Kabupaten Bojonegoro sangat kondusif. Perlu diketahui, di beberapa sektor senantiasa mendukung langkah simbiosis mutualisme antara pekerja dan pengusaha. 

Lebih lanjut dikatakan Bupati Anna, buruh juga berperan penting terhadap kemajuan bangsa dan mendorong perekonomian Indonesia. Dalam hal ini, Pemkab Bojonegoro turut memberikan ruang kesejahteraan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Dulu belum berpihak luas terhadap bantuan kesehatan, pendidikan, hingga ekonomi lain. Bahkan mata pencaharian hanya terpaku dengan gaji dan digunakan di berbagai pos," kata Bupati Anna. 

Sementara itu, di bidang pendidikan, Pemkab Bojonegoro juga telah menyiapkan beasiswa sekolah hingga puluhan miliar. Sehingga para buruh dapat berkarya dan mendorong anak untuk belajar dengan giat. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Bojonegoro Welly Fitrama menambahkan bahwa 1 Mei di Indonesia sudah ditetapkan sebagai hari buruh atau May Day dan diakui sebagai hari kemenangan kaum buruh. Sehingga agenda itu menjadi momentum kebersamaan antara pekerja dan pemerintah untuk berdialog bersama. 

"Hubungan ini dinamis dan berdampak positif terhadap iklim investasi. Di peringatan hari buruh ini melalui sarasehan sekaligus pemberian bansos bagi anak yatim dan pekerja," kata Welly.  

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro Iman M Amin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang selama ini telah mendukung terselenggaranya program-program BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Kabupaten Bojonegoro. 

"Kami ucapkan Selamat Hari Buruh Internasional dan kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro atas dukungan dan sinergi yang terjalin baik selama ini kepada semua stakeholder yang terlibat, seperti APINDO, Serikat Pekerja, Pengusaha dan Masyarkaat Pekerja sehingga dapat terlindunginya para pekerja yang ada di Kabupaten Bojonegoro ke dalam perlindungan jaminan sosial Ketenagakerjaan," kata Iman.

Disampaikannya, selama tahun 2022, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bojonegoro telah memberikan santunan dan manfaat program sebesar Rp118,649 miliar kepada peserta ataupun ahli waris. 

"Dan untuk mewujudkan 'universal coverage' khususnya di Kabupaten Bojonegoro, maka kami (BPJS Ketenagakerjaan) akan terus melakukan sinergi dengan semua stakeholder yang terlibat," kata Iman.

Dengan mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi semua pekerja yang ada di Kabupaten Bojonegoro, lanjut Iman, maka secara tidak langsung akan berdampak terhadap penurunan masyarakat miskin ekstrem yang ada, dan menjadikan Kabupaten Bojonegoro sebagai Kabupaten yang produktif serta sejahtera masyarakatnya.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023