Wali Kota Madiun Maidi menyatakan kesiapannya untuk meningkatkan sinergi antar-daerah di wilayah Mataraman "Pawitandirogo" yang terdiri dari Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun, dan Ponorogo guna mendorong pembangunan dan perekonomian daerah di Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di Madiun Kota Pendekar saat menghadiri  silaturahmi dan halal bihalal Idul Fitri 1444 Hijriah bersama paguyuban warga di wilayah Mataraman Pawitandirogo di Sasono Utomo TMII Jakarta pada Minggu (14/5/2023).

Adapun dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh pimpinan daerah Pawitandirogo serta lima paguyuban warga Jawa Timur, yaitu Paguma (Madiun), Pawargo (Ponorogo), IKMA (Magetan), PWN (Ngawi), dan PWP (Pacitan). Tahun ini, Pawargo menjadi tuan rumah acara.

Wali Kota Madiun Maidi mengapresiasi penyelenggaraan acara tersebut. Ia mengatakan, bahwa acara halal bihalal dapat mempererat silaturahmi antarwarga Pawitandirogo. 

"Terima kasih kepada Pak Sesmenko karena sudah mengundang saya hadir di sini. Saya siap ikut meningkatkan sinergi pembangunan daerah," ujar Wali Kota Maidi.
 
Wali Kota Madiun Maidi dan para tokoh penting anggota paguyuban warga Jawa Timur menghadiri  silaturahmi dan halal bihalal Idul Fitri 1444 Hijriah bersama paguyuban warga di wilayah Mataraman Pawitandirogo di Sasono Utomo TMII Jakarta pada Minggu (14/5/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

Ketua Umum Pawargo, Sesmenko Perekonomian Susiwijoyo Moegiarso dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada para tokoh nasional dari wilayah Pawitandirogo yang telah hadir dan turut mendukung terselenggaranya acara.

Sesmenko juga menyampaikan Pawitandirogo harus menjadi wadah bersama untuk membangun sinergi antar kabupaten/kota di Jawa Timur dan sekitarnya. 

"Kami bersama para kepala daerah sudah berkomitmen untuk membangun sinergi dan kemitraan, guna mendorong pembangunan dan perekonomian daerah di Jawa Timur," kata Sesmenko Perekonomian Susiwijoyo.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Timur periode 2009-2019 Soekarwo juga menyampaikan bahwa perekonomian Jawa Timur setelah pandemi tumbuh cukup bagus. Tahun 2022 tumbuh 5,34 persen sedikit di atas pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 5,31 persen.

Namun demikian, sebagian kabupaten di wilayah Mataraman, pertumbuhannya masih di bawah itu. Sehingga, diperlukan upaya bersama untuk menjalin sinergi antar-daerah untuk mendongkraknya. 

Juga disampaikan pada masa bonus demografi menjadi kesempatan emas untuk memanfaatkan berlimpahnya sumber daya usia produktif di daerah. Hal itu merupakan salah satu kekuatan positif.

"Pawitandirogo ini merupakan bentuk sinergi yang konkret antara pemerintah daerah dan para warganya. Saya harap paguyuban ini dapat berkontribusi nyata terhadap perekonomian daerah," kata Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo.
Wali Kota Madiun Maidi dan para tokoh penting anggota paguyuban warga Jawa Timur menghadiri  silaturahmi dan halal bihalal Idul Fitri 1444 Hijriah bersama paguyuban warga di wilayah Mataraman Pawitandirogo di Sasono Utomo TMII Jakarta pada Minggu (14/5/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun


Selain Pak De Karwo, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting yang merupakan warga wilayah eks-Keresidenan Madiun. Yakni, Anggota 1 BPK RI Nyoman Adhi Suryadnyana, Kaset Wapres Erani Yustika, Sekjen Kemenaker Anwar Sanusi, Plt. Sekjen Kemensos Robben Rico.

Kemudian, Dirjen PDP Kemendes Sugito, Kepala Basarnas Marsda TNI Henri Alfiandi, Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto, mantan Ketua KPK Agus Rahardjo, dan tokoh-tokoh lain dari Jawa Timur seperti Luluk Soemiarso dan Soetarto Alimoeso.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023