Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur masih menerima berkas pengajuan bakal calon dari empat partai politik peserta Pemilu 2024 dan dinyatakan berkasnya telah lengkap sedangkan partai lainnya masih dalam proses.

"Hingga Jumat pagi, ada empat partai yang sudah mendaftarkan bakal calon legislatifnya yaitu Partai Hanura, PDIP, Partai NasDem, dan PKS," kata Komisioner KPU Kabupaten Kediri Anwar Ansori di Kediri, Jumat.

Ia mengatakan dari berkas empat partai politik yang telah mendaftarkan diri itu, semuanya diteliti satu per satu. Hasilnya, berkas politik dinyatakan telah lengkap. KPU juga sudah memberikan tanda terima kepada partai bersangkutan yang menyatakan berkas telah diterima.

"Semua berkasnya lengkap dan sudah kami berikan tanda terima. Tidak ada masalah saat proses pendaftaran, sebab satu hari sebelum pengajuan kami pastikan semua berkas persyaratan lengkap," kata dia.

Terkait dengan kuota perempuan, Anwar juga mengatakan masing-masing partai telah memenuhinya. Hal itu dari pengecekan tim yang telah dilakukan saat pendaftaran. Keterwakilan perempuan juga harus dipatuhi sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pihaknya masih menunggu untuk pendaftaran bakal calon legislatif dari partai lainnya. Sesuai dengan jadwal, pendaftaran dibuka hingga 14 Mei 2023 pukul 23.59 WIB.

Jika mendaftarkan diri lebih dari jam tersebut, KPU tidak dapat memprosesnya sebab waktu pendaftaran telah habis.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri Murdi Hantoro mengatakan pihaknya telah mendaftarkan 50 bakal calon legislatif ke KPU Kabupaten Kediri. Berkas mereka telah diteliti secara langsung dan dinyatakan lolos menjadi bakal calon legislatif dari PDIP.

Murdi mengatakan PDIP saat ini mendapatkan 15 kursi legislatif. PDIP juga menargetkan ada perolehan tambahan kursi lagi dalam Pemilu 2024 ini.

"Kami tetap optimistis bisa menambah perolehan kursi di DPRD Kabupaten Kediri. Saat ini kursi kami 15, targetnya bisa menjadi 17 kursi," kata Murdi.

Saat proses pendaftaran, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana juga ikut serta mengantarkan rombongan PDIP mendaftarkan diri ke kantor KPU Kabupaten Kediri.

 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023