Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Jatim Lutfil Hakim menyatakan pengukuhan pengurus Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI Malang Raya sebuah bukti dari peran aktif pers pada perhelatan Pemilu 2024.

"Keberadaan Mappilu ini merupakan bukti bahwa masyarakat dan pers ikut bertanggung jawab pada penyelenggaraan Pemilu pada tahun depan," katanya di sela pengukuhan Pengurus Mapillu PWI Malang Raya masa bakti 2022-2025 di Kabupaten Malang, Rabu.

Menurut dia, pelantikan dan pengukuhan pengurus Mappilu ini sebagai bukti peran aktif PWI dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Jadi, kata dia, bagaimana memantau pelaksanaan Pemilu dengan cita-cita bersama supaya terselenggara sukses dan berkualitas, dan bisa melahirkan pimpinan atau wakil rakyat yang juga berkualitas.

Ia mengatakan Mappilu PWI sebenarnya sudah dibentuk pada tahun 2008 dan sudah dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak KPU dan Bawaslu.

Lutfil berharap Mappilu PWI Malang Raya bisa turut berkontribusi bagaimana menciptakan pesta demoktasi dengan sukses dan berkualitas.

Untuk itu, lanjutnya, diharapkan seluruh peserta Pemilu bisa melaksanakan Pemilu dengan sportif, dan bagi pewarta diharapkan tetap bisa menyelaraskan tugasnya sebagai pemantau Pemilu dan insan pers.

"Peserta Pemilu diharapkan menjunjung tinggi sportivitas, dan teman-teman Mappilu PWI Malang Raya diharapkan bisa terus netral, tajam, kritis dan membangun serta memperbaiki agar partisipasi bisa lebih tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Mappilu PWI Jatim Mahmud Suhermono menjelaskan kepada pengurus yang telah dilantik ini diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Di sini kita berperan dalam memantau aktivitas Pemilu sekaligus berperan dalam memberi pemahaman kepada masyarakat," ucapnya.

Sehingga, lanjut Maher (panggilan lekatnya), dengan pengawasan Pemilu yang baik, Pemilu 2024 dapat terlaksana dengan adil dan bermartabat, sehingga dapat melahirkan pemimpin yang amanah.

"Kepada pengurus Mappilu yang telah dilantik, kami ucapkan selamat bekerja dan selamat bertugas," ucapnya.

Hadir dalam pengukuhan dan pelantikan Pengurus Mapillu PWI Malang Raya Wali Kota Malang Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edy Jarwoko, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, Forkopimda Malang Raya, Ketua KPU Malang Raya, Ketua Bawaslu Malang Raya, serta sejumlah Ketua DPC/DPD Partai Politik (Parpol) di Malang Raya.

Usai dilantik, pengurus Mappilu PWI Malang Raya langsung menggelar rapat koordinasi membahas berbagai program kerja, termasuk sosialisasi dan edukasi terkait Pemilu bagi pemilih pemula dan masyarakat secara luas.

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023