Pemerintah Kota Batu berupaya untuk meningkatkan literasi digital bagi generasi muda melalui penyelenggaraan kegiatan Makin Cakap Digital, yang diikuti ribuan siswa dari wilayah kota setempat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Jawa Timur Aries Agung Paewai di Kota Batu, Selasa, mengatakan bahwa literasi digital harus terus ditingkatkan, khususnya bagi generasi muda di tengah gempuran dunia digital yang terus berkembang pada saat ini.

"Kita harap dengan adanya acara Makin Cakap Digital ini, literasi digital anak didik kita terus meningkat," kata Aries.

Kegiatan Makin Cakap Digital tersebut, merupakan hasil kolaborasi antara Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dan Dinas Pendidikan Kota Batu.

Pada kegiatan tersebut, diikuti ribuan peserta dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dilakukan secara hybrid.

Aries menilai peningkatan literasi digital harus dilakukan agar menjadi acuan dalam penggunaan dunia digital dengan baik.

"Dengan narasumber yang kompeten, anak didik kita diajarkan bagaimana cara berpijak di dunia digital dengan baik," katanya.

Dalam forum tersebut, menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya Dewan Pengarah Siberkreasi, Koordinator Nasional Japelidi dan Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM), Novi Kurnia, yang membahas tentang "Cakap Bermedia Digital".

Kemudian, CEO dan Founder Atsoft Teknologi Muilantok, yang membahas “Aman Bermedia Digital” dan Akademisi UNITOMO dan CER ACSB East Java, Meithiana Indrasari, yang membahas tentang “Etis Bermedia Digital”.

Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023 merupakan program literasi digital yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Materi kelas literasi digital didasarkan pada empat pilar utama, yaitu Etis Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, Cakap Bermedia Digital, dan Budaya Bermedia Digital. Masyarakat, termasuk generasi muda diharapkan mengembangkan literasi dan kecakapan digital dalam berbagai bidang.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023