Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Jawa Timur menggelar pesta musik tong-tong di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, sebagai media untuk membantu menyosialisasikan sosok bakal calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo kepada para santri dan warga di kabupaten paling timur di Pulau Madura itu.

Menurut Koordinator Wilayah (Korwil) SDG Jatim Hurriyahi, pesta rakyat itu digelar di Desa Sema'an, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep pada 1 Mei 2023, dan dihadiri warga dari daratan dan kepulauan Sumenep.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin mengembangkan musik tradisional Madura dengan mengikutsertakan para santri di Kabupaten Sumenep. Kegiatan SDG ini juga untuk menanamkan nilai-nilai budaya kesenian yang ada di lapisan masyarakat Kabupaten Sumenep," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Pamekasan, Jawa Timur, Selasa malam.

Menurut Hurriyahi, melalui kegiatan itu, pihaknya juga ingin agar para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk berpartisipasi dalam pesta tersebut.

"Dengan begitu, pendapat pelaku UMKM yang hadir bisa meningkat. Kami ingin meningkatkan pendapatan UMKM di wilayah ini," ujarnya.

Peserta parade musik tong-tong bernama Ali Ridha tampak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut karena menurut pria berusia 23 tahun itu, parade musik itu sangat baik untuk meningkatkan kreativitas para santri, selain semakin mengenal sosok bakal calon Presiden RI 2024 Ganjar Pranowo.

Pria yang juga personel musik Putra Saghereh ini berharap musik tradisional khas Madura ini bisa terus berkembang, dan dia juga berharap grup musiknya bisa masuk industri musik dan rekaman.

"Musik tradisional di Madura bisa lebih maju. Saya berharap grup musik semakin berkembang dan bisa recording," ujarnya.

Wawan, peserta lainnya, menyambut positif parade musik tersebut karena menurut personel grup Musik Tong-Tong Tinkerbell itu, dengan adanya pesta rakyat ini, masyarakat memiliki hiburan setelah Ramadhan 1444 Hijriah..

"Menurut saya parade ini cukup positif dan menghibur masyarakat setempat. Ada hiburan setelah Ramadhan," kata santri Ponpes Nurul Muchlisin ini.

Pria 24 tahun ini menyatakan parade musik ini mewadahi kreativitas santri dalam bermusik sekaligus bisa mengenalkan lebih luas musik tradisional di Kabupaten Sumenep,  juga diharapkan kegiatan ini bisa terus berlangsung setiap tahun

Grup musik tong-tong yang meramaikan pesta rakyat ini di antaranya, Laskar Madhure, Semaan Dasuk, Lanceng Kermata, Saronggi, Tinkerbell, Putra Sagara, Karaton Agung, Bagaspati, Karang Dhua Sumenep, dan Pandian Sumenep.

Para peserta yang merupakan santri ini kemudian menerima penghargaan berupa piagam dari sukarelawan SDG Jawa Timur.
 

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023