Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya M Fikser menyatakan persiapan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah yang digelar di Balai Kota Surabaya, Sabtu, 22 April 2023, sudah rampung dan siap menampung 5 ribu jamaah.

"Persiapannya sudah 100 persen,," kata Fikser, di Surabaya Jumat.

Akses masuk menuju Balai Kota Surabaya bakal dibuka keseluruhan, masyarakat bisa masuk melalui pintu sisi utara, barat, dan selatan. Kemudian, titik wudhu dipersiapkan di sisi barat dan timur gedung.

Fikser menambahkan, Dinas Perhubungan Surabaya juga sudah menetapkan sejumlah area sebagai lokasi parkir kendaraan milik masyarakat, yakni di Jalan Jimerto dan Jalan Jaksa Agung Suprapto.

"Selama ini juga memakai kawasan itu. Kalau membludak bisa di Yos Sudarso depan air mancur itu, nanti ada petugas yang mengarahkan," ucapnya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama keluarga direncanakan bakal mengikuti ibadah shalat id dari balai kota setempat.

Selain itu, Fikser menyebut masyarakat juga mendapatkan kesempatan bertemu langsung dengan Eri, melalui acara open house, setelah shalat id di Rumah Dinas Wali Kota Surabaya, Jalan Sedap Malam.

"Setelah shalat id ada acara keluarga, silaturahim dulu dan juga ke makam ayahanda beliau. Setelahnya baru bersama dengan warga," ucapnya.

Pantauan ANTARA, pemasangan fasilitas kelengkapan pelaksanaan shalat id di Balai Kota Surabaya terlihat rampung keseluruhan. Batas shaf juga sudah selesai terpasang.

Kemudian, mimbar tempat imam memimpin shalat dan khotbah juga sudah didirikan. Terlihat sejumlah petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), serta Dinas Perhubungan (Dishub) sedang berjaga di sejumlah titik lokasi.

Sejumlah unit kendaraan operasional, seperti mobil dengan bak terbuka milik BPBD, truk derek milik Dishub, hingga mobil patroli milik Satpol PP telah terparkir di area Balai Kota.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023