Stok beras dan minyak goreng di Kota Probolinggo, Jawa Timur dalam posisi aman menjelang Lebaran 2023, setelah dilakukan inspeksi mendadak terkait dengan harga dan ketersediaan pokok di kabupaten setempat, Senin.

"Harga dan ketersediaan bahan pokok relatif masih normal. Kami sudah cek ke beberapa distributor untuk dilakukan inspeksi mendadak dan harga-harganya masih normal," kata Sekretaris Daerah Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati di kota setempat.

Dari hasil pengawasan di Toko UD Surya Kencana, untuk harga beras premium dijual di harga Rp11.600/kg dengan stok 5 ton, beras medium dijual dengan harga Rp11.000/kg dengan stok 5 ton, minyak goreng curah dengan harga Rp13.600/kg dengan stok 1 ton dan minyak goreng Minyakita dijual dengan harga Rp12.500/liter dengan stok 5 kuintal.

Selanjutnya, di Toko Sumber Jaya, beras premium dijual dengan harga Rp11.700/kg dengan stok 1,5 ton, beras medium Rp11.100/kg, minyak goreng curah Rp14.500/kg dengan stok 10 drum (180 kg/drum) dan minyak goreng Minyakita Rp14.500/liter dengan stok 50 dus (175 liter/dus).

"Kami mengimbau masyarakat agar tidak perlu belanja kebutuhan pokok secara berlebihan. Stok bahan pokok cukup, sehingga tidak usah memborong, tidak usah bingung, jangan menumpuk sembako. Insya Allah cukup semua hingga Lebaran," tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (DKUMPP) Kota Probolinggo Fitriawati mengatakan stok bahan pokok masih normal, namun tim akan terus memantau harga dan ketersediaan ke semua distributor bahan pokok di Kota Probolinggo.

"Tentunya kami akan terus memantau, ada staf kami nanti yang bagian pemantauan ke semua distributor. Manakala nanti ada yang di luar kewajaran nanti akan kita kasih teguran," katanya.

Pemilik Toko UD Rudi Cahyadi, Rudi mengatakan kebutuhan masyarakat terhadap beras tergolong rendah menjelang Lebaran karena rata-rata sudah terpenuhi sebelum bulan Ramadhan.

"Sebelumnya warga sudah punya beras karena dapat dari tabungan beras, tiap tahun masyarakat punya tradisi untuk menabung dan dapatnya sembako, tiap sebelum puasa keluar," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023