Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Haji Provinsi Jawa Timur (Jatim) di Jalan Manyar Kertoadi Surabaya mengoperasikan Gedung Multazam setelah diresmikan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. 

Gedung setinggi 8 lantai di atas tanah seluas 854 meter persegi tersebut diresmikan bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun atau milad ke-30 RSUD Haji Provinsi Jatim, Jumat, 14 April 2023. Pembangunannya melewati 3 tahap pengerjaan sejak Tahun 2020.

"Pembangunan Gedung Multazam sesuai dengan rencana kerja pemerintah yang juga telah dirumuskan dalam rencana kerja pemerintah daerah Jatim terkait reformasi sistem kesehatan nasional," kata Gubernur Khofifah melalui keterangan tertulis di Surabaya, Sabtu.
 
Menurutnya reformasi sistem kesehatan nasional itu, antara lain layanan kesehatannya harus didukung. 

"Maka pelayanan kesehatan di RSUD Haji Provinsi Jatim memang harus didukung penuh, meliputi sarana prasarana, sumber daya manusia maupun sistem jejaringnya," ujarnya.

Mantan Menteri Sosial itu mengungkapkan pembangunan gedung Multazam menjadi penting untuk pengembangan pelayanan kesehatan yang makin berkualitas dengan alat kesehatan yang makin canggih. Terlebih, RSUD Haji Provinsi Jatim telah dikategorikan sebagai international hospital dan ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan sejak 2008.

"Kita sebetulnya memang berharap bisa mendapatkan lahan lain di sekitar sini supaya pengembangan layanan bisa lebih komprehensif," ujarnya. 

Sejauh ini, RSUD Haji didukung oleh 95 dokter spesialis, 26 dokter umum, serta peralatan yang cukup canggih. 

Layanan yang langsung berada di Gedung Multazam, antara lain ruang pertemuan dan pendidikan, pelayanan rawat inap, klinik medical check up, pelayanan radiologi medical check up, dan pelayanan stroke terpadu yang meliputi unit stroke, EEG, TMS dan neurorestorasi, serta rehabilitasi medik stroke.

Direktur RSUD Haji Provinsi Jatim Dr dr Herlin Ferliana mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Khofifah yang telah mendukung pembangunan Gedung Multazam. 

"Gedung Multazam akan sangat menunjang pelayanan di RSUD Haji Provinsi Jatim. Peresmiannya yang bertepatan dengan acara milad yang ke-30 ini kami jadikan momentum untuk menginovasi rumah sakit agar setara dengan standar dunia," ucapnya.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023