Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan, Jawa Timur, melakukan pemeriksaan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan pada armada bus angkutan orang di luar trayek atau bus pariwisata yang digunakan untuk angkutan Lebaran 2023.

Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Magetan Titik Suharsih mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan program Balik Bareng Gratis dari Pemkab Magetan yang akan diberangkatkan dari Pendopo Surya Graha Magetan pada 25 April 2023.

"Pemeriksaan armada bus dilakukan untuk mengetahui kelaikan kendaraan dan mengantisipasi risiko kecelakaan di jalan agar para penumpang merasa nyaman dan aman selamat sampai tujuan," ujar Titik Suharsih di Magetan, Kamis.

Menurut dia, ada sebanyak 10 unit bus pariwisata yang dilakukan pemeriksaan di gedung uji Dishub Magetan. Angkutan bus yang dinyatakan lulus pemeriksaan akan ditempeli stiker oleh petugas.

"Total dari 10 bus pariwisata yang dicek semuanya aman. Dari 10 itu, tujuh unit akan digunakan untuk program balik gratis dan sementara tidak ada kendala," katanya.

Titik Suharsih menambahkan pemeriksaan dilakukan mulai dari kondisi ban, lampu penerangan dan sein, pembersih kaca, kondisi rem, dan lainnya.

Tak hanya fisik, surat kelengkapan kendaraan juga diperiksa, mulai dari izin trayek, buku uji KIR, STNK, hingga kelengkapan SIM pengemudi.

Tidak ketinggalan juga dilakukan pengecekan unsur penunjang, seperti dimensi kendaraan, tempat duduk, perlengkapan keselamatan, alat tanggap darurat, dan kondisi fisik pengemudi juga dicek untuk memastikan aman.

Pemkab Magetan menggelar program Balik Bareng Gratis untuk angkutan Lebaran 2023 dan pendaftaran dibuka hingga 18 April mendapat. Pendaftaran dapat dilakukan melalui kantor Dishub Magetan dengan membawa sejumlah persyaratan identitas.

Dengan program balik gratis tersebut, Pemkab Magetan berharap pemudik dengan menggunakan sepeda motor bisa berkurang dan juga risiko kecelakaan selama padatnya arus mudik dan balik Lebaran bisa dihindari.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023