Aparat Polres Pamekasan, Jawa Timur menggencarkan razia petasan guna menciptakan situasi ketertiban dan keamanan yang kondusif selama bulan suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kasi Humas Polres Pamekasan Iptu Sri Sugiharto di Pamekasan, Selasa, mengatakan razia petasan itu menyasar semua kios dan toko penjual mainan kembang api dengan tujuan mencegah korban jiwa akibat ledakan dari obat petasan.

"Kami menginginkan umat Islam bisa tenang dalam menjalan ibadah puasa dan Shalat Tarawih selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri nanti," katanya.

Polisi juga menyampaikan imbauan kepada para penjual kembang api agar tidak menjual petasan.

"Kalau kembang api boleh, karena tidak berbahaya. Yang bahaya adalah petasan, karena berpotensi meledak atau menimbulkan korban jiwa," katanya.

Razia petasan oleh tim Polres Pamekasan itu digelar setiap saat, yakni pada siang dan malam hari dengan sasaran berbeda.

Polisi juga menyampaikan sosialisasi secara langsung kepada para tokoh masyarakat untuk mendukung upaya menciptakan ketertiban dan keamanan selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri dengan cara melaporkan kepada polisi terkait dengan warga yang diketahui menjual petasan.

"Silakan laporkan langsung kepada kami, dan kerahasiaan pelapor akan kami jaga," katanya.

Pada Selasa malam, razia petasan digelar petugas di sepanjang Jalan Raya Pamekasan-Sumenep, Jalan Jokotole dan Jalan Raya Proppo, Pamekasan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023