Aparat Polres Pamekasan membagikan bantuan kebutuhan bahan pokok kepada warga miskin dan kurang mampu sembari menyosialisasikan pentingnya peran serta masyarakat dalam ikut menjaga keamanan dan ketertiban.

"Bantuan ini merupakan sumbangan dari anggota sebagai bentuk kepedulian terhadap warga miskin dan kurang mampu, untuk membantu meringankan beban mereka dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah kali ini," kata Kapolres AKBP Satria Permana di Pamekasan, Jawa Timur, Senin.

Kapolres mengantar langsung ke salah satu rumah warga bersama Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Inf Ubaidillah dengan mengendarai sepeda motor.

Saat tiba di lokasi yang dituju, Kapolres juga menyampaikan imbauan kepada warga sekitar, agar mereka ikut berperan aktif dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Di antaranya agar tidak bermain petasan dan berbagai jenis kegiatan yang melanggar hukum lainnya.

"Kenapa kami perlu mengajak bapak dan ibu untuk ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan, karena dengan peran aktif bapak dan ibu sekalian, upaya mencegah berbagai tindak kejahatan bisa lebih efektif," katanya.

Kapolres menjelaskan, selama bulan suci Ramadhan pihaknya memang meningkatkan pengamanan dengan melakukan penjagaan di berbagai masjid dan musala di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Sejauh ini, sambung dia, situasi memang terkendali dan tidak ada kejadian menonjol. Namun demikian, antisipasi berbagai kemungkinan tetap harus dilakukan.

"Karena itu, maka langkah pencegahan dengan meningkatkan peran semua elemen, termasuk peran aktif masyarakat secara langsung juga perlu dilakukan," katanya.

Jumlah bantuan dalam bentuk paket sembako berupa beras, minyak goreng, gula dan mie instan yang dibagikan langsung ke rumah-rumah warga di Kecamatan Pamekasan itu sebanyak 200 paket dan semuanya merupakan sumbangan dari anggota Polres Pamekasan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023