Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila (PP) gencarkan aksi sosial "Bersapma berbagi" selama Bulan Suci di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

"Kami berharap gerakan-gerakan seperti ini dapat menjadi pemicu gerakan baik lainnya yang juga dapat dilaksanakan di luar bulan Ramadhan," kata Sekretaris PW SAPMA PP Jawa Timur Adam Syarief Thamrin di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, SAPMA PP Jatim menjadi salah satu pengurus wilayah yang menjalankan arahan dari Pengurus Pusat SAPMA PP dengan menggelar kegiatan "Bersapma Berbagi" di bulan Ramadhan 1444 Hijriyah berupa berbagi takjil, sahur on the road, pembagian beras, hingga buka puasa bersama.

Melalui gerakan ini, kata dia, PW SAPMA PP Jatim setidaknya telah membagikan 425 Kg beras dan 175 Kg Kurma dengan penerima manfaat kurang lebih 20 masjid dan kaum mustahiq yang tersebar di beberapa titik di Kota Surabaya.

"Gerakan serupa juga dilakukan oleh beberapa PC SAPMA PP Kabupaten/Kota lain se-Jawa Timur," ujarnya. 

Selain itu, lanjut Adam, kegiatan tersebut juga bertujuan mendorong geliat para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jatim. 

Bahkan pada hari Jumat (7/4), PW SAPMA PP Jatim juga mengadakan buka puasa bersama dengan melibatkan para pedagang kaki lima (PKL) di lingkungan Sekretariat PW SAPMA PP Jatim.

Sebelumnya, aksi sosial serupa juga telah digelar SAPMA PP Jatim pada awal 2023. Kegiatan Jumat Berkah Ber-SAPMA berupa pembagian nasi kotak itu digelar di 12 titik kabupaten/kota di Jatim.

Adapun 12 titik tersebut di antaranya Kota Surabaya, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Blitar, Kabupaten Madiun, Kabupaten Sampang, Kabupaten Ngawi, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, dan Kabupaten Tulungagung.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023