Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan Program Klinik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Akademi Wisata Tahun 2023 demi mengembangkan desa mandiri.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meyakini program tersebut dapat membuka spektrum baru pengembangan desa mandiri. 

"Sesungguhnya kita tidak hanya menargetkan desa mandiri semakin banyak. Tapi desa yang sudah mandiri itu kita harapkan akan menemukan spektrum baru meluaskan jejaring produk-produk kreatif," katanya melalui keterangan  tertulis di Surabaya, Jumat. 

Untuk itu, Gubernur Khofifah berharap konektivitas dan sinergi yang dibangun dengan hexa helix approach yang melibatkan enam sektor, yaitu perguruan tinggi atau akademik, usaha swasta, pemerintah, masyarakat, media dan permodalan.

"Ini menjadi momentum untuk membangun sinergi. Pasti banyak potensi luar biasa yang dimiliki oleh masing-masing institusi," ujarnya.

Melalui hexa helix approach, Khofifah berharap desa-desa mandiri akan mampu menemukan ruang yang memungkinkan pelaku UMKM bisa terus tumbuh berkembang, serta menemukan ekosistem usaha lebih baik lagi.

"Jadi mereka akan tetap tumbuh dan berkembang. Kita berharap kemandirian yang terus tumbuh dan berkembang itu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," ucapnya.

Per Juli  2022 tercatat sebanyak 1.490 desa mandiri di Jawa Timur,  terbanyak secara nasional atau setara 23,88 persen. 

Agar potensi-potensi di desa mandiri tersebut terus berkembang, Gubernur Khofifah telah melakukan identifikasi. Selain itu menemukenali potensi devisa pada desa-desa yang bisa mendapatkan dukungan dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

"Saya muter, blusukan antara lain menemukenali produk original yang memungkinkan bisa terakses pasar global, itulah Desa Devisa. Per hari ini terdapat 64  desa devisa di Jawa Timur. Kita masih punya 85 lagi yang masih dalam proses pengajuan," katanya.

Mantan Menteri Sosial itu akan terus memaksimalkan desa-desa mandiri yang potensial, produktif, kreatif, dan inovatif untuk dibangunkan aksesnya oleh LPEI.

"Insya Allah bulan Maret ini akan bertambah sebanyak 15 desa devisa. Tapi kita punya stok yang masih diajukan sebanyak 85 desa devisa," ucapnya.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023