Kepolisian Resor Situbondo, Jawa Timur, menambah sebanyak 30 personel dari bintara remaja untuk menambah kekuatan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta sebagai salah satu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Yang jelas mengenai penambahan jumlah personel memang kurang sehingga kami mengajukan penambahan ke Polda Jatim," ujar Wakapolres Situbondo Kompol Pujiarto di Situbondo, Selasa.

Dengan penambahan 30 personel lulusan Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri gelombang dua tahun 2022 ini, jumlah personel Polres Situbondo hingga polsek jajaran total keseluruhan sekitar 600 personel.

Dia menjelaskan bahwa penambahan personel diajukan karena selama ini untuk jumlah Bhabinkamtibmas belum memenuhi 136 desa/kelurahan yang tersebar di 17 kecamatan. Bhabinkamtibmas selama ini baru terisi 83 personel yang semestinya 136 personel.

"Penambahan personel adalah hal yang dibutuhkan untuk penguatan dan diharapkan membawa perubahan meningkatnya pelayanan kepolisian kepada masyarakat, termasuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," ujar Wakapolres Pujiarto.

Menurut dia, kekurangan itu karena keterbatasan personel yang ada dan sementara Bhabibkamtibmas tidak dibolehkan rangkap jabatan.

Apakah penambahan personel Polres Situbondo juga untuk menunjang pengamanan menjelang Pemilu serentak 2024? Kompol Pujiarto mengaku bahwa penambahan personel tidak masuk pertimbangan secara spesifik.

"Jadi yang paling spesifik penambahan personel ini salah satunya karena jumlah anggota polres yang terbatas dan juga untuk memenuhi kecukupan Bhabinkamtibmas yang tersebar di 136 desa/kelurahan," ujarnya.

Wakapolres menambahkan upacara tradisi penyambutan bintara remaja sebanyak 30 personel itu ditandai dengan penyiraman air bunga.

Upacara tradisi penyambutan bintara remaja merupakan awal dari sebuah proses pelaksanaan pembinaan karir dan bertujuan untuk mempererat jiwa korsa Korps Bhayangkara.

"Kami menekankan kepada senior-senior dari bintara remaja untuk memberikan contoh, membina dan memberikan bekal kemampuan kepolisian sehingga kedepannya menjadi anggota Polri memiliki intelektualitas profesionalitas, moralitas yang baik dan humanis dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat," kata Kompol Pujiarto.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023