Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur, bekerja sama dengan tiga perusahaan menggelar pasar murah guna menekan harga kebutuhan bahan pokok yang terus mengalami kenaikan akhir-akhir ini.

"Ketiga perusahaan yang menjadi mitra kerja sama ini adalah PT Indofood CBP, PT Patmatirta Wisesa, dan Bulog Sub Divre XII Madura," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Pamekasan Basri Yulianto di Pamekasan, Jawa Timur, Jumat.

Basri menjelaskan jenis kebutuhan bahan pokok yang dijual Pemkab Pamekasan dalam operasi pasar murah itu adalah beras dengan harga Rp45 ribu per 5 kilogram dan minyak goreng.

"Kalau minyak goreng kita menjual dengan harga Rp15 ribu per liter dan ada juga dengan harga Rp17 ribu per liter," katanya.

Baca juga: Pemkab Pamekasan tekan kenaikan sembako dengan pasar murah

Harga jual minyak goreng dan beras itu, lanjutnya, jauh lebih murah dari harga di pasaran, karena Pemkab Pamekasan memberikan subsidi ongkos transportasi, .

"Kalau di pasaran untuk beras 5 kilogram antara Rp55 ribu hingga Rp60 ribu, dan minyak goreng antara Rp18 ribu hingga Rp20 ribu per liter," kata Basri.

Operasi pasar murah ini digelar di sejumlah pasar tradisional dan di kantor kecamatan di Kabupaten Pamekasan secara bergantian.

"Hari ini operasi digelar di halaman kantor Kecamatan Palengaan, mulai pukul 06.30 WIB hingga selesai," ujarnya.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Taufik


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023