Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur, berupaya menekan harga sejumlah kebutuhan bahan pokok dengan menggelar pasar murah di sejumlah pasar tradisional di wilayah itu.

Menurut Pejabat Fungsional Pengawas Muda pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan Novi Yantimala, operasi pasar akan berlangsung selama sepekan.

"Lokasinya bergantian di sejumlah pasar tradisional yang ada di Pamekasan," katanya.

Jenis kebutuhan bahan pokok yang dijual berupa beras dan minyak goreng dengan harga Rp45 ribu per 5 kilogram, sedangkan minyak goreng Rp15 ribu per liter.

Novi menjelaskan, harga yang dijual di pasar murah itu lebih rendah dari harga yang berlalu di pasaran, karena pemkab memberikan subsidi transportasi.

"Di kegiatan ini kami bekerja sama dengan Perum Bulog Madura," katanya menjelaskan.

Sementara itu, harga beras di sejumlah pasar tradisional di Pamekasan antara, Rp11 ribu per kilogram hingga Rp12 ribu per kilogram.

Minyak goreng antara Rp16 ribu hingga Rp17 ribu per liter. Kenaikan harga beras dan minyak goreng ini, karena stok terbatas, sedangkan permintaan meningkat, menjelang bulan suci Ramadhan.

Selain di Pamekasan pasar murah juga digelar Pemkab Sampang dan Pemkab Bangkalan yang juga bekerja sama dengan Bulog Sub Divre XII Madura.*

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023