Tim Medis Artha Graha Peduli (AGP) mendukung kesuksesan Puncak Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) dengan menyiagakan sejumlah dokter dan perawat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa.

"Kami hadir dari Jakarta lengkap dengan ambulans serta obat-obatan yang diperkirakan dibutuhkan oleh peserta acara Satu Abad NU," kata  Koordinator Tim Medis AGP dr. Aulia Wijaya.

Ia mengatakan dua tenda Tim Medis AGP berada di dua tempat, yaitu di Stadion Gelora Delta Sidoarjo dan Alun-Alun Sidoarjo.

"Kali ini kami dari Artha Graha Peduli mengirimkan sekitar lima orang dokter, kemudian 12 orang perawat, dua ambulans yang kami kirimkan langsung semua dari Jakarta. Ditambah lagi ada bantuan dari teman-teman medis di wilayah Jawa Timur. Itu kurang lebih ada lima orang," ujarnya.

Aulia menyebutkan tim yang terlibat sudah profesional di wilayah bencana alam hingga pada penanganan COVID-19.

Tim Medis AGP yang sudah berpengalaman ini bisa menangani peserta acara dengan berbagai gejala penyakit yang lazim terjangkit di acara akbar seperti ini.

"Selain tim medis, Artha Graha Peduli juga mengirimkan satu unit mobil rescue dan satu unit mobil pemadam kebakaran yang dilengkapi 10 personel. Mereka bergabung bersama di Pos Komando Banser," kata Aulia.  

Sedangkan secara keseluruhan, menurut dia, ada 90-an unit ambulan yang disiapkan panitia untuk menyukseskan Resepsi Satu Abad NU. Kemudian, untuk relawan medis yang ada mungkin mencapai hampir 1.000 orang, baik medis maupun relawan nonmedis.

"Sampai sekarang ini jumlah pasien yang kami tangani itu sudah 120 orang kurang lebih, rata-rata itu dengan keluhan sakit kepala, kemudian ada yang darah tinggi. Tadi pagi itu ada beberapa juga pasien yang pingsan, karena situasi di lapangannya kan cuaca cukup panas. Jadi mereka mungkin tidak sanggup menahan cuaca ini, akhirnya jatuh pingsan," tutur dia.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023