PT PAL Indonesia telah melaksanakan rangkaian uji persenjataan Kapal Cepat Rudal (KCR) 60M ke-5 yakni Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Kapak-625 yang terdiri dari blast kekuatan pondasi, tembak sasaran udara pesawat, dan Life Firing Test (LFT) di perairan Laut Madura.

Chief Operating Officer (COO) PT PAL Indonesia Iqbal Fikri, dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Minggu, mengatakan PT PAL telah membuktikan integrasi sistem senjata dengan suksesnya LFT KRI Halasan-630 dan KRI Kerambit-627, kemudian yang terbaru adalah KCR 60M ke-5 KRI Kapak-625.

"Hasilnya penembakan yang akurat dan pendeteksian objek sasaran yang tepat. Tentu ini akan meningkatkan kepercayaan diri seluruh Insan PAL, bahwa sejatinya kita mampu melakukan integrasi senjata pada varian kapal kombatan apapun, kita mampu melaksanakan pekerjaan-pekerjaan rumit," katanya.

Tujuan pelaksanaan tes tersebut, lanjutnya, memastikan kinerja radar, perlengkapan senjata, dan sistem kombat bekerja dengan baik ketika menjalankan fungsi operasi di laut lepas.

Baca juga: PAL pastikan performa KCR Panah-626 lebihi rata-rata saat uji SAT

"KCR 60M dirancang untuk mampu menghancurkan target permukaan dan target udara. Proses instalasi senjata, integrasi sistem sensor dan senjata, telah dilaksanakan sebelum rangkaian pengujian kelaikan tempur," ujarnya.

Tak hanya itu, dirinya berharap dengan keberhasilan tes tersebut, KCR 60M ke-5 dapat meningkatkan kekuatan yang optimal dalam penembakan senjata pada mode combat.

"Kami memastikan bahwa produk-produk PT PAL, akan memiliki kualitas tinggi, dan memudahkan TNI AL dalam menjalankan fungsi operasinya dalam menjaga kedaulatan laut Indonesia," ucapnya.

KCR 60M ke-5, menurut dia, setelah menyelesaikan beberapa tahapan lagi, setelahnya akan diserahkan dan rencananya diluncurkan secara langsung oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto.

"Hanya tinggal beberapa langkah lagi sebelum dilakukan serah-terima kepada user. Keberhasilan pengujian ini menunjukkan dengan nyata bahwa PT PAL Indonesia mampu mempertahankan kualitas produk secara berkelanjutan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan Alutsista Matra Laut bagi TNI AL," kata Iqbal Fikri.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023