Tuntutan untuk mundur atau mengganti Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko karena di lembaganya terdapat berbagai masalah, juga datang dari Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) PKB.
 
Kapoksi PKB H. Syaikhul Islam Ali dari Komisi VII DPR RI itu mendukung keputusan rapat komisi VII untuk mengganti Kepala BRIN.

“BRIN Harus Diselamatkan,” ucapnya melalui rilis yang diterima, Rabu.
 
Perbaikan internal, lanjut dia, harus segera tuntas. Memang tidak gampang, tapi dirinya mendukung penuh segera ada perbaikan di BRIN.
 
Menurut wakil rakyat dari Dapil Jatim l (Surabaya-Sidoarjo) itu, masa depan bangsa ini tergantung pada riset. Jadi janganlah dipertaruhkan masa depan bangsa untuk kepentingan politis orang per orang.
 
“Saran saya sebaiknya Kepala BRIN segera mundur, itu akan lebih terhormat,” katanya.
 
Sebelumnya, kesimpulan rapat dengar pendapat dengan Kepala BRIN yang dipimpin Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto dari Fraksi Partai NasDem di Gedung Nusantara I Lantai I Senin (30/1).
 
Komisi VII DPR RI mendesak pemerintah untuk segera menggantikan Kepala BRIN mengingat berbagai permasalahan BRIN yang tidak kunjung selesai.
 
Dalam kesimpulan rapat, Komisi VII DPR RI juga merekomendasikan agar dilakukan audit khusus terhadap penggunaan anggaran BRIN tahun 2022 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023