Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar memberikan edukasi mencegah anemia bagi remaja putri yang digelar dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional. 
 
"Setelah dicek 4-10 remaja di Indonesia mengalami anemia. Ada berbagai macam penyebabnya, salah satunya malnutrisi. Makanya adik-adik sering mendapat tablet Fe dan itu harus diminum," katanya di Kediri, Jumat. 

Bunda Fey, sapaan akrabnya, mengatakan ada beberapa dampak yang ditimbulkan bila terjadi anemia  seperti penurunan kekebalan tubuh serta penurunan konsentrasi dan kebugaran. 

Remaja putri yang mengalami anemia, kata dia, berisiko tumbuh menjadi ibu hamil yang anemia dan bisa menyebabkan kematian ibu, bayi prematur, dan bayi dengan berat badan rendah. 

Menurut dia, anemia bisa dicegah dengan makanan beragam, bergizi, seimbang dan aman. Selain makanan, remaja juga harus melakukan aktivitas fisik misalnya dengan melakukan olah raga. 

"Bisa mencegah anemia ini dengan memenuhi nutrisi dan bisa melihat di panduan isi piringku. Porsinya dalam satu piring 50 persen sayur dan buah lalu 50 persennya lagi karbohidrat dan protein," kata dia. 

Dalam peringatan Hari Gizi Nasional ini, Bunda Fey menghadiri acara di SMPN 1 Kota Kediri. Para siswa yang hadir juga membawa bekal dari rumah.

"Saya lihat bekalnya sudah beragam, bergizi, dan seimbang. Bahkan di sekolah ini sudah menjadi program membawa bekal dan makan bersama ini. Keren sekali SMPN 1 Kota Kediri ini bahkan  di kantin sekolahnya pun menunya sudah terjadwal," ujar dia.
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023