Kalangan anggota DPRD Surabaya mengingatkan Sekretaris Daerah Kota Surabaya Ikhsan yang baru dilantik netral dalam berpolitik menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum 2024.

"Sekda tidak boleh mencampuri urusan politik dari partai manapun apalagi menjelang Pemilu Legislatif dan Pilkada Surabaya pada 2024," ujar Sekretaris Komisi C DPRD Surabaya Agoeng Prasodjo di Surabaya, Kamis.

Selain sebagai aparatur sipil negara (ASN), kata dia, sekda juga menjadi posisi strategis dan di atas kepala dinas karena tidak hanya harus mampu di bidang manajerial, tapi juga memahami regulasi.

Apalagi, sekda ini juga menjadi kepala tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) sehingga apa yang menjadi konsentrasi dari Wali Kota Surabaya harus bisa dilaksanakan terutama urusan dengan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau keluarga miskin.

"Kalau sekda tidak paham itu, ya repot juga. Kami berharap Pak Ikhsan mampu mengemban pekerjaan barunya sebagai sekda," ujar dia.

Diketahui Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melantik Ikhsan sebagai sekda di Balai Kota Surabaya pada Rabu (25/1).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengatakan, Sekda baru perlu segera menuntaskan pekerjaan rumah (PR) yang berkaitan dengan kondisi Kota Pahlawan.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023