Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) memangkas ratusan pohon di beberapa kecamatan untuk mengantisipasi terjadinya bencana pohon tumbang selama cuaca ekstrem yang terjadi di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Bupati Jember Hendy Siswanto dan Manajer PLN UP3 Jember Dasih Lisyanto memimpin Gerakan Perempesan (Gerpas) dengan menurunkan sebanyak 26 mobil tangga berjalan (sky lift) milik PLN untuk melakukan pemangkasan pohon di kawasan kota, Selasa.

"Kondisi pohon di Jember beragam, ada yang sudah tua, rantingnya miring ke atas rumah-rumah warga, sehingga membahayakan apabila tidak segera dipotong rantingnya," kata bupati .

Menurutnya Gerpas pohon tersebut dilakukan secara bertahap selama beberapa hari pada 24-26 Januari 2023 dengan total pohon yang akan dipangkas sekitar 200 pohon tersebar di beberapa kecamatan.

"Gerpas pohon dilakukan juga demi menjamin keselamatan masyarakat umum, agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan di tengah kondisi cuaca yang cukup ekstrem," katanya.

Selain itu, kata Hendy Siswanto, pemangkasan ranting pohon dilakukan untuk mencegah pemadaman listrik yang diakibatkan terputusnya kabel listrik oleh pohon yang tumbang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Sigit Akbari menjelaskan pihaknya bersama sejumlah pihak melaksanakan pemangkasan sejumlah dahan pohon lebat di tiga kecamatan kota.

"Berawal dari kejadian belum lama ini yang menimbulkan korban, kami coba berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan gerak cepat penanganan dan antisipasi pohon tumbang yang menimbulkan korban jiwa," katanya.

Kegiatan tersebut dilakukan kerja sama dengan BPBD Jember, Dinas PU Bina Marga dan SDA, Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang, dan Dinas Lingkungan Hidup Jember, Dinas PU Bina Marga dan SDA Jatim, PLN dan Telkom Jember serta unsur TNI dan Polri.

"Pohon yang di atas kabel PLN dilakukan oleh tim PLN, pembersihan dilakukan oleh DLH, dan lain sebagainya, sehingga kolaborasi dan sinergi berbagai pihak dalam Gerpas tersebut sangat efektif," katanya.

Sementara Manajer PLN UP3 Jember Dasih Listyanto mengatakan penggunaan puluhan kendaraan sky lift dalam gerakan pemangkasan pohon itu untuk meminimalisasi pemadaman listrik selama pengerjaan.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023