Ketua Ikatan Alumni SMAN 1 Surabaya (Ikasmasabaya) periode 2022-2025, Thomas Setiabudi Aden bersama sejumlah pengurusnya merancang beberapa program kerja untuk membantu para alumni sekolah tersebut yang masih menganggur mendapatkan pekerjaan.

"Kami akan memberikan kontribusi nyata kepada anggota dengan membuat latihan-latihan secara daring untuk anggota. Kami coba menghubungkan alumni yang belum kerja, yang belum lulus, ataupun yang belum dapat sekolah dengan perguruan tinggi ataupun dengan bursa kerja yang ada," ujarnya usai melantik pengurus Ikamasabaya di Surabaya, Sabtu.

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR itu mengatakan, saat ini ada sekitar lima ribu orang lebih alumni SMAN 1 Surabaya yang terdata dan tersebar seluruh Indonesia.

Thomas mengungkapkan, rapat kerja ini digelar untuk membahas program-program kerja ke depan dan merupakan tindak lanjut setelah dirinya terpilih secara aklamasi pada November 2022 lalu. Sehingga, apa yang menjadi visi misi organisasi Ikatan Alumni SMAN 1 Surabaya tersebut dapat direalisasikan.

"Tentunya kami harus melakukan rapat kerja, supaya kami tidak hanya menjadi pengurus yang sekadar pengurus. Tapi kami punya program yang jelas, punya target untuk jangka pendek, menengah maupun untuk jangka panjang," ucapnya.

Selain itu, lanjut Thomas, Ikasmasabaya akan segera merealisasikan beberapa program, di antaranya memberikan kontribusi baik kepada sesama alumni ataupun pada lingkungan sekolahnya dulu.

"Kemudian, kami akan membuat SMAN 1 ini menjadi kebanggaan untuk semua alumninya," ujarnya.

Kontribusi tersebut merupakan bagian dari program pokok 4T Ikasmasabaya di bawah kepemimpinan Thomas, yaitu Toto, Titi, Tandur dan Tukul. Untuk memaksimalkan keanggotaan alumni SMAN 1 Surabaya, maka pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pendataan jumlah seluruh alumni yang ada.

"Pertama, kami akan buat database dan laman untuk organisasi. Kemudian, kedua kami akan memberikan kontribusi kepada sekolah dan kepada alumni. Yang ketiga adalah kami akan tumbuh bersama," ucapnya.

"Kami coba membuat sekretariat dalam jangka menengah yang kebetulan kami dapat lahan dari sekolah. Bukan dapat tanah, kami dapat space untuk dijadikan sekretariat ikatan alumni," tambah Thomas.

Selanjutnya, kata Thomas, pengurus Ikasmasabaya juga bakal menggandeng pemerintah daerah.

"Kami akan menghadap Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Kepala Dinas Pendidikan Jatim untuk meningkatkan kompetensi alumni, baik angkatan lama maupun yang baru lulus," ujarnya.

Diketahui, Ikatan Alumni SMAN 1 Surabaya periode 2022-2025 resmi dinakhodai Thomas Setiabudi Aden.

Thomas yang saat ini menjabat Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR menjadi calon tunggal dan dipilih melalui Musyawarah Besar (Mubes) Ikasamabaya di Surabaya, Minggu (27/11/2022) malam.

Thomas terpilih secara aklamasi oleh 120 orang anggota Ikasmasabaya, yang merupakan perwakilan angkatan mulai 1964-2022. Mubes bersifat familiar, tapi tetap berlangsung secara khidmat. Thomas menggantikan ketua lama periode 2018-2022, Moch Masykur. 

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023