Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mendukung kampus untuk menggelar kegiatan kreatif karena diharapkan bisa mengasah kemampuan.

"Saya senang kalau kampus mengadakan acara seperti ini. Ini kan untuk anak-anak SMA/ SMK, bahkan SMP juga. Kalau ada acara yang diadakan bukan pemerintah itu bagus, suasana menjadi hidup," kata Wali Kota dalam Wali kota Cup Udinus Basketball Tournament 3X3 (Three on Three) 2023 di Kediri, Rabu.

Ia mengatakan sebelumnya karena pandemi COVID-19 banyak aktivitas yang masih terbatas. Anak-anak tidak ke mana-mana, belajar saja. Namun, sekarang ada kegiatan seperti yang digelar di Kampus Udinus Kediri yakni kompetisi bola basket. 

Sementara itu, Wakil Rektor IV Udinus Kediri Pulung Nurtantio mengatakan turnamen basket ini diikuti 32 tim yang bertanding. Selain Kediri, mereka juga dari berbagai daerah seperti Surabaya, Tulungagung, Nganjuk dan berbagai daerah lainnya.

Ia juga mengatakan kompetisi basket antarpelajar ini akan banyak melahirkan pemain basket yang hebat dan memiliki daya juang tinggi. Partisipasi peserta ajang ini dapat  menjadi modal berharga untuk mengharumkan Kota Kediri di tingkat nasional bahkan internasional.

"Melalui kompetisi ini, kami memberikan ruang bagi para atlet muda di Kota Kediri dan sekitarnya untuk mengasah pengalaman mereka. Ini cara kami mencari bibit pemain. Di Udinus Semarang punya atlet basket luar biasa, maka kami juga mencari untuk jadi mahasiswa Udinus di Kediri," kata dia. 

Dirinya juga menambahkan, berbagai kegiatan lainnya juga akan digelar oleh kampus. Hal ini sebagai upaya mengadakan acara bermanfaat di Kediri. 
 
"Ke depan selain turnamen basket ini, rencananya akan ada even olahraga lainnya, yang penting kami akan melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat untuk warga Kota Kediri," kata Pulung Nurtantio. 
 
Pertandingan basket ini diselenggarakan di halaman Kampus Universitas Dian Nuswantoro Kediri dan diikuti pelajar SMA/SMK Sederajat se-Kota Kediri dan sekitarnya. Turnamen ini menggunakan sistem gugur. Setiap pertandingan waktunya 10 menit. Bagi tim pemenang akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah dan beasiswa pendidikan dari Udinus Kediri.

Hadir pula dalam acara ini Direktur PSDKU Udinus Kediri Abdul Syukur, Ketua Perbasi Kota Kediri Gandung Satriyono, Pimpinan Bidang Operasional Bank Jatim Cabang Kediri Katarina Perwiantini, Kepala Disbudparpora Kota Kediri Zachrie Ahmad, perwakilan BPS Kota Kediri dan peserta "3 on 3 Wali Kota Cup" Udinus Kediri.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023