Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti  meminta agar ada relokasi atau penggantian lahan persawahan yang terdampak di sekitar lokasi atas proyek tol Kediri-Tulungagung  yang akan melintasi lebih dari 100 hektare lahan sawah.

"Badan Pertanahan Nasional harus berkoordinasi dengan kementerian lain terkait relokasi lahan agar lahan persawahan warga yang terdampak mendapat lahan pengganti dengan peruntukan yang sama," kata LaNyalla, dalam keterangannya di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, proyek tersebut akan membuat luas areal persawahan berkurang secara signifikan dan akan mengurangi produksi padi di Jawa Timur. 

Oleh sebab itu, penggantian lahan merupakan solusi tepat dalam menjaga produksi padi di Jawa Timur.

"Kita perlu berusaha membatasi alih fungsi lahan pertanian produktif, karena ketahanan pangan sangat strategis bagi suatu bangsa," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga khawatir dengan penggunaan uang ganti rugi yang diterima warga terdampak. 

"Penggunaan lahan untuk kepentingan jalan tol dan uang ganti rugi yang diterima warga bisa menjadikan mereka bersikap konsumtif. Akhirnya bukan hanya kehilangan lahan namun kehilangan mata pencaharian kalau tidak mampu mengelola uang dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023