Kepolisian Resor Situbondo menyiagakan sejumlah personel di beberapa titik keramaian untuk mencegah  konvoi anak muda dan antisipasi menyulut petasan pada malam pergantian Tahun Baru 2023.

Sejumlah polisi ini disiagakan di titik keramaian dan jalur di sepanjang jalur pantura Situbondo, karena pada malam pergantian tahun identik dengan euforia oleh masyarakat, khususnya anak muda, yang dapat mengganggu ketertiban umum.

"Jadi, personel kami siagakan anggota di beberapa titik keramaian, ini untuk mencegah konvoi dan antisipasi adanya pemuda bermain petasan yang membahayakan bagi orang lain," ujar Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya di Situbondo, Sabtu.

Menurut dia, sejumlah personelnya disiagakan antisipasi euforia pergantian malam tahun baru di titik keramaian, di antaranya Jalan Tembus Desa Sumberkolak (Kecamatan Panarukan), Jalan Argopuro (Kecamatan Panji) dan kawasan perkotaan.

Kata Kapolres Andi, pihaknya akan menindak tegas jika peserta konvoi tidak mengindahkan arahan petugas, terlebih bagi pengguna sepeda motor yang menggunakan knalpot brong.

"Termasuk juga bagi mereka yang menyulut petasan, karena ini sangat membahayakan bagi orang lain," kata dia.

AKBP Andi Sinjaya mengimbau kepada masyarakat agar merayakan tahun baru dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, dan menghindari kegiatan yang mengundang kegaduhan dan keriuhan seperti konvoi yang dapat mengganggu masyarakat lainnya.

"Pada malam pergantian tahun baru, hasil pantauan kami banyak kegiatan pengajian dan shalawatan, yang memang menjadi ciri khas warga Situbondo," ujar dia.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022