Relawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Timur menggelar sosialisasi keselamatan berlayar untuk nelayan di kawasan Tambak Wedi, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya.

"Kami harap bisa menambah wawasan para nelayan terhadap pentingnya memperhatikan aspek keselamatan sebelum mencari ikan di laut," kata Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Timur Didik Heri Mustofa di sela kegiatan di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, sosialisasi dilakukan agar nelayan terlebih dahulu memeriksa mesin kapal sebelum berangkat, hingga ketersediaan alat keselamatan saat melaut, seperti pelampung.

"Beberapa bulan terakhir, beberapa kali terjadi kejadian-kejadian yang tidak diharapkan. Pada waktu berlayar, ada kapal yang terguling, sampai nelayan jatuh ke laut. Beruntung masih selamat. Inti dari kegiatan sosialisasi ini agar mereka aman," ujarnya.

Lebih lanjut, Didik berharap program inovatif yang telah diterapkan Ganjar di Jawa Tengah, yakni asuransi nelayan bisa dirasakan oleh nelayan-nelayan di Jawa Timur.

Selain sosialisasi keselamatan berlayar, juga digelar pelatihan pengolahan ikan hasil tangkap agar menjadi produk pangan tahan lama yang bisa dijual ke pasar dengan nilai jual yang lebih tinggi.

“Biar tidak ikan mentahnya saja yang dijual," ucap Didik.

Lewat pelatihan ini diharapkan mampu membantu perekonomian keluarga nelayan.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022