Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sidoarjo Saadah Ahmad Muhdlor sarankan adanya pemenuhan gizi seimbang kepada ibu hamil.
 
"Melalui Dinas Kesehatan Sidoarjo ini terus berupaya menciptakan kehamilan yang sehat," katanya peringatan Hari Ibu di Kantor Dinas Kesehatan Sidoarjo, Kamis.

Perempuan yang akrab disapa Ning Sasha itu mengataka  upaya pemenuhan gizi kepada ibu hamil tersebut sebagai upaya untuk mencegah stunting.
 
"Dalam dunia medis, kehamilan merupakan periode windows of opportunity atau jendela kesempatan. Maksudnya kesempatan emas untuk dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak," ujarnya.
 
Ia mengatakan, periode tersebut akan menentukan kualitas seorang anak terlahir kelak sehingga ibu hamil diharapkan dapat memenuhi gizi  seimbang.
 
Sementara itu, di sela peringatan Hari Ibu itu juga dilakukan lomba masak nasi goreng yang diikuti bapak-bapak di lingkungan Dinkes Sidoarjo.
 
"Setidaknya dengan kegiatan seperti ini para suami dapat memahami dan merasakan bagaimana peran seorang wanita sebagai istri dan ibu dalam menyiapkan makanan bergizi setiap hari bagi keluarga di rumah,” katanya.
 
Ning Sasha juga menyampaikan, memasak pada zaman sekarang merupakan hal yang lumrah dilakukan baik wanita maupun pria.
 
"Memasak sejatinya tidak hanya dapat dilakukan oleh wanita, namun juga banyak pria yang sudah menekuni dunia masak-memasak,” ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022