Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto Jawa Timur, terus memasifkan pengembangan desa berdaya sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desa setempat.
 
Salah satunya yang diresmikan pada Sabtu (17/12) 2022 ini adalah wisata Lembah Njeruk di Desa Sajen, yang berhasil "menyulap" lereng tepi sungai dari kumuh menjadi tempat "nongkrong" kekinian dengan menyuguhkan udara sejuk khas pegunungan serta pemandangan area persawahan.
 
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati di Mojokerto Sabtu mengatakan Lembah Njeruk, sebuah nama yang dipilih Pemerintah Desa Sajen menjadi nama tempat nongkrong tersebut.
 
"Bukan hanya tempat nongkrong biasa, Lembah Njeruk juga diresmikan sebagai ikon program Desa Berdaya Desa Sajen," ujarnya di sela peresmian.
 
Ia mengatakan, Lembah Njeruk dapat menjadi salah satu titik pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Desa Sajen sehingga bisa menjadi ikon yang juga bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

Bupati juga menyampaikan, menu andalan Lembah Njeruk, yakni kopi yellow dan susu kambing etawa bisa semakin berkembang.
 
"Menu andalannya juga unik. Kopi yellow, ini kopinya warna kuning kemudian susu kambing etawa yang juga kaya akan khasiat semoga kedepannya semakin berkembang," tuturnya.
 
Tidak hanya sekedar tempat nongkrong, lanjut dia, Lembah Njeruk juga memiliki destinasi wisata lain seperti "water tubing" yang merupakan salah satu destinasi yang memang ramah untuk anak.
 
Ia mengatakan, Lembah Njeruk juga bakal menggarap salah satu destinasi berupa arung jeram di sungai yang mengalir di Desa Sajen itu.
 
"Nanti ke depan bisa ditambah spot fotonya. Atau juga bisa ditambah bangunan atau apa, yang bisa mendukung jika memang ada kegiatan-kegiatan perkumpulan yang membutuhkan tempat," ujarnya.
 
Peresmian Lembah Njeruk ini ditandai dengan pemotongan pita serta pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Bupati Mojokerto.
 
Bupati Mojokerto pun juga membubuhkan tanda tangan di batu marmer yang dijadikan monumen peresmian Lembah Njeruk.

Tidak hanya itu, turut mendampingi Bupati Mojokerto, Kepala Disbudporapar Kabupaten Mojokerto, Forkopimca Pacet, serta jajaran kepala desa di lingkup Kecamatan Pacet.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022