Perusahaan farmasi dan bisnis minuman isotonik, PT Amerta Indah Otsuka meresmikan fasilitas bank sampah di Kejayan, Pasuruan, yang menjadi program Otsuka Eco Village untuk mengubah kebiasaan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

"Saat ini terdapat 200 ton sampah yang mencemari perairan Pasuruan dan hal tersebut mendorong kami untuk mengedukasi dan memberikan fasilitas bank sampah demi membantu masyarakat sekitar pabrik agar dapat mengubah perilaku dan mengelola sampah baik nonorganik, organik dan residu secara mandiri," kata Corporate Communication Director PT Amerta Indah Otsuka, Sudarmadi Widodo dalam keterangannya di Surabaya, Rabu.

Fasilitas bernama Bank Sampah GEMPAR di Kejayan, Pasuruan didirikan dan selanjutnya diserahkan kepada masyarakat sekitar yang diwakili oleh Kelompok Swadaya Masyarakat Gerakan Membangun Pacarkeling (KSM GEMPAR)

KSM GEMPAR bersama masyarakat yang akan mengelola bank sampah serta menjadi agent of change bagi lingkungan sekitar dengan visi “Membangun Pacarkeling”.

"Masyarakat yang ingin menjadi nasabah pada Bank Sampah GEMPAR dapat melakukan pendaftaran melalui KSM GEMPAR, untuk mekanisme pencatatannya masyarakat bisa memilah sampah secara mandiri dari rumah dan membawa sampah nonorganik yang memiliki nilai jual ke Bank Sampah GEMPAR," ujar Sudarmadi Widodo.

Selain mendirikan fasilitas bank sampah, pihaknya juga memberikan edukasi mengenai cara mengelola sampah rumah tangga yang baik dan benar dimulai dari memilah sampah sehingga masyarakat dapat berperan aktif dalam pelaksanaan program bank sampah.

"Kami menyadari bahwa untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah yang tertumpuk dan tidak terkelola dengan baik, serta menciptakan lingkungan lebih bersih dibutuhkan upaya dan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat serta dukungan sektor lainnya, seperti pihak swasta," kata Wakil Bupati Kabupaten Pasuruan, K.H. Abdul Mujib Imron.

Sementara itu, Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Takeyama Kenichi mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Pacarkeling, Kejayan, serta Pemerintah Kabupaten Pasuruan atas dukungan, usaha serta partisipasinya sehingga proyek bank sampah ini berhasil diwujudkan.

"Semoga program ini dapat terus berlanjut bahkan memunculkan perusahaan atau daerah yang mengadopsi program seperti ini, sehingga terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan tidak hanya di Jawa Timur tapi juga untuk bumi lebih baik," tuturnya.

Pewarta: Willi Irawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022