ASEAN Federation of Forwarders Association (AFFA) menggelar rapat umum tahunan dan konferensi ke-32 serta menetapkan Chairman AFFA yang baru yaitu Chua Seng Wah dari Persekutuan Penghantaraan Fret Malaysia menggantikan Yukki Nugrahawan Hanafi Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (ALFI) yang kini dipercaya menjadi AFFA Head of the Advisory Board.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) ALFI/ILFA Jawa Timur Sebastian Wibisono dalam keterangan persnya yang di terima di Surabaya, Rabu, mengaku visi dan misi AFFA sejalan dengan milik ALFI/ILFA dan optimistis kerja sama logistik ini akan semakin menjangkau negara-negara Asia.

“Kolaborasi, transformasi bisnis dan kemitraan yang kuat antara anggota dan jaringan global harus berjalan dengan baik terutama di negara-negara Asia, peningkatan kapasitas yang baik dan pemahaman era digitalisasi akan sangat membantu penerapan semua inisiatif di sektor logistik dan transportasi yang telah diapresiasi oleh Sekretariat ASEAN," ucap Wibi, sapaan akrabnya.

Sementara Wakil Ketua DPW ALFI/ILFA Jatim Firesa Erik menginginkan antar anggota AFFA dan mitra globalnya di negara-negara Asia dan Pasifik harus memiliki visi dan misi yang sama, tumbuh subur.

"AFFA perlu mengembangkan kerjasama yang baik dalam capacity building dan konektivitas IT. AFFA semua harus memahami bahwa sumber daya manusia dan perangkat konektivitas TI menjadi dimensi terpenting bagi keberhasilan layanan mereka. Itulah transformasi yang harus dilakukan AFFA bersama-sama," kata Erik.

Karena, lanjutnya, industri logistik dan forwarding memiliki peluang besar untuk berkembang di setiap tahun, karena, seiring berjalannya waktu, AFFA juga harus menyadari bahwa tantangan masa depan adalah era digitalisasi.

"Peningkatan kapasitas yang sangat baik dan pemahaman era digitalisasi akan sangat membantu penerapan semua inisiatif di sektor logistik dan transportasi yang telah diagungkan oleh Sekretariat ASEAN,” ujarnya.

Sementara itu, Demisioner Chairman AFFA Yukki Nugrahawan Hanafi berharap, dengan kepemimpinan baru ini bisa membawa perubahan di industri logistik di kawasan ASEAN dan memperluas kolaborasi antara Sekretariat ASEAN dan AFFA.

"Kami menyadari bahwa industri logistik dan forwarding memiliki tantangan dan peluang untuk berkembang di tahun-tahun mendatang, selain itu kami juga menyadari bahwa tantangan tersebut tidak mudah untuk dihadapi, maka perlunya kolaborasi dan kolaborasi antara Sekretariat ASEAN dan AFFA dan antar anggota," ucap Yukki.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022