Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima usulan agar dibuka rute penerbangan langsung Palangka Raya ke Malang.

Usulan disampaikan oleh Ketua Paguyuban Masyarakat Kelahiran Jatim di Kalimantan Tengah (Kalteng) Arief Budiatmo saat bertemu Gubernur Khofifah di Palangkaraya, Selasa malam.

Alasannya banyak keluarga Kalteng yang putra-putrinya kuliah di Malang.

Gubernur Khofifah menangapi usulan rute penerbangan Palangka Raya - Malang sangat mungkin bisa dilakukan.

"Sebab pengelolaan Bandara Abdurrahman Saleh Malang saat ini di bawah naungan Pemprov Jatim. Kendati lahan milik TNI AU, tetapi kaitan dengan pembukaan rute penerbangan dan maskapai penerbangan serta jenis pesawatnya kita kordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Angkasa Pura dan pihak lain yang berkompeten. Bagi kami secara prinsip ini peluang baru dan prospektif," katanya, melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Rabu.

Menurutnya usulan penerbangan Palangka Raya - Malang jika terealisasi akan menjadi ruang baru, tidak hanya bagi warga Kalteng yang sekolah di Malang, melainkan juga membuka kesempatan anak-anak muda untuk membangun dan mengembangkan star tup, usaha, wisata dan sebagainya.

"Start up di Jatim paling banyak di Malang Raya, kedua Surabaya," ujarnya.

Gubernur Khofifah mengungkapkan Pemprov Jatim memiliki Millenial Job Center (MJC) yang salah satunya berbasis di Bakorwil Malang.

"Ada lagi tempat pembelajaran yang semua boleh mengikuti secara gratis melalui Kampus Shopee yang menggunakan kantor Diklat Dinas Koperasi dan UKM Jatim yang juga berada Malang," ucapnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022