Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mendorong warga yang tinggal di kawasan wisata alam Labuhan Merak untuk menangkap peluang bisnis homestay seiring pemerintah daerah telah membuka dan membangun akses menuju sejumlah wisata pantai wilayah itu.

Pada tahun ini, pemerintah daerah telah merampungkan pembangunan akses jalan sepanjang 10 kilometer, dari Dusun Sidomulyo hingga Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. Pembangunan akses ke Labuhan Merak, ini selain untuk akses warga juga menjadi akses ke sejumlah wisata pantai di kawasan Taman Nasional Baluran.

"Kami dari pemerintah mendorong warga Labuhan Merak menangkap bisnis homestay atau menyediakan penginapan bagi pengunjung wisata. Dengan begitu, perekonomian masyarakat akan lebih baik dari sebelumnya," ujar Bupati Situbondo Karna Suswandi di Situbondo, Selasa.

Menuru dia, wisatawan lokal maupun luar daerah dan bahkan wisatawan mancanegara juga mulai berdatangan. Dengan menyediakan penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam di kawasan wisata Labuhan Merak, warga tentunya diuntungkan.

Bupati menjelaskan bahwa pembangunan akses jalan ke Dusun Labuhan Merak, sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan dasar. Di Dusun Labuhan Merak sendiri dihuni lebih dari seribu jiwa.

"Jadi, untuk membangun akses jalan ke Labuhan Merak ini memang niat saya bagaimana warga yang tinggal di kawasan Taman Nasional Baluran ini memperoleh hak yang sama. Saya optimistis dengan akses yang layak, perekonomian warga akan terus tumbuh dan berkembang, terlebih di Labuhan Merak terdapat sejumlah wisata pantai," kata Bung Karna, sapaan bupati.

Selama ini, jalan dari Dusun Sidomulyo menuju Labuhan Merak hanya setapak dan sulit dilalui. Saat musim hujan, jalur darat satu-satunya ini tidak bisa dilewati karena licin. Jika ingin ke dusun tetangga, warga harus memilih jalur laut menggunakan perahu.

Di Labuhan Merak, terdapat sejumlah wisata pantai yang indah. Pertama kali memasuki Labuhan Merak, pengunjung akan disuguhi Pantai Sijile. Pantai berpasir putih, dan punya dua muara yang terpecah daratan dan membentuk seperti lidah menjulur.

Berjarak sekitar satu kilometer dari Pantai Sijile, pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Bilik. Di Pantai Bilik ini terbagi menjadi dua, yaitu teluk bilik dan semenanjung bilik.

Dibukanya akses menuju Labuhan Merak, secara otomatis juga terbuka peluang peningkatan kesejahteraan warga. Mereka dengan mudah melakukan kegiatan perekonomian dan mendapat banyak keuntungan.

Karena akses jalan sudah dibuka, aktivitas perekonomian warga Labuhan Merak ini semakin baik. Mereka bisa menjual hasil bumi dengan mudah dan biaya murah.

Pengunjung yang datang ke Labuhan Merak, menikmati sejumlah pantai, mulai Sijile, Pantai Bilik, Pantai Lempuyang, Pantai Sirondo, Pantai Balanan, dan Batu Hitam. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022