Ribuan pelari dari berbagai kabupaten/kota mengikuti kompetisi sport tourism "Banyuwangi Healthy Run" 2022 dan kompetisi lari ini menyuguhkan trek city tour diawali dari Pantai Boom Marina Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu.

Para pelari juga melewati Pendopo Shaba Swagata Blambangan atau rumah dinas Bupati Banyuwangi yang usianya sudah ratusan tahun dan berada tepat di tengah kota Banyuwangi. Selanjutnya disuguhkan taman rakyat yang tertata indah, yakni Taman Sri Tanjung dan Taman Blambangan.

"Kalau sebelumnya kompetisi lari kami bawa ke wisata pegunungan atau perkebunan, sekarang kini kami ajak untuk keliling wisata kota yang kini juga digemari banyak wisatawan," ujar Bupati Ipuk Fiestiandani.

Menurut dia, "Banyuwangi Healthy Run" ini dibuat untuk merespons keinginan kaum milenial.

"Kami tanggapi keinginan kaum milenial. Mereka suka dua hal, olahraga dan wisata. Banyuwangi Healthy Run ini memadukan keduanya," ucap dia.

Kata Ipuk, sport tourism menjadi salah satu event yang memperkuat pariwisata daerah. Banyuwangi dengan segala alamnya, sangatlah pas untuk dijadikan spot olahraga.

"Kami tawarkan mereka yang berolahraga di sini selain mendapatkan kebugaran karena oksigen yang melimpah, juga bisa menikmati keindahan alam kami," tutur Ipuk.

Start di Pantai Marina Boom Banyuwangi para peserta menuju jalan arah Pendapa Sabha Swagata Blambangan. Kemudian belok kiri ke arah Simpang Lima, untuk peserta 5 K belok lewat Jalan dr Soetomo – Taman Blambangan belok kiri lewat pertigaan PLN belok kanan dan sampai finish.

Sementara peserta 10 K dari Simpang Lima belok kanan lewat Jalan Jaksa Agung Suprapto menuju arah Cungking. Perempatan Cungking belok kiri sampai Perempatan Mojopanggung - Jalan Agus Salim - Samping Untag Banyuwangi belok kiri arah Simpang Lima - Jalan dr Soetomo - Taman Blambangan belok kiri lewat pertigaan PLN belok kanan dan sampai finish.

Para peserta mengikuti dua kategori yakni 5K yang diikuti pelajar SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA yang ada di Kabupaten Banyuwangi, sedangkan 10K adalah lomba untuk kategori umum. Kemeriahan sudah terlihat sejak pukul 05.00 WIB. Ribuan peserta sudah memenuhi areal Pelabuhan Boom Marina.

Salah satu peserta, Ali Qomaini (21), mengaku senang dapat mengikuti event marathon sekaligus menikmati landmark yang ada di Banyuwangi.

"Saya ikut kategori 10k, rutenya lumayan sulit ada jalan yang naik. Selain itu juga melewati landmark Banyuwangi seperti Pendopo Banyuwangi, Taman Sritanjung, dan Taman Blambangan. Keren karena startnya dari pantai," kata peserta asal Surabaya itu. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022