Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur kembali menggelar Bakti Sosial Terpadu (BST) dan pada kali ini kegiatan tersebut menyasar warga Desa Slambur, Kecamatan Geger pada Jumat (2/12/2022) dari pagi hingga malam hari.

Desa Slambur merupakan titik ketiga kegiatan BST yang digelar Pemkab Madiun pada tahun 2022. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami dengan didampingi Forkopimda Kabupaten Madiun dan jajaran.

Bupati Madiun Ahmad Dawami menyatakan selain untuk mendorong percepatan pembangunan desa, kegiatan BST juga merupakan salah satu upaya Pemkab Madiun melestarikan dan  memupuk jiwa gotong royong masyarakat lewat kehadiran pemerintah di tengah warga yang membutuhkan.

"Dalam BST ada kegiatan kerja bakti, bagaimana kita tetap menjaga kegotongroyongan di Slambur ini. Kita Pemkab Madiun, secara "full team" datang di Desa Slambur ini untuk menyemangati bahwa kegotongroyongan itu sesuatu yang harus djaga," ujar Bupati Ahmad Dawami di sela kegiatan.

Bupati ingin, dengan kegiatan BST tersebut, diharapkan kesejahteraan warga desa sasaran meningkat karena semua kebutuhannya terlayani.
Kegiatan pasar rakyat dan bazar UMKM dalam Bakti Sosial Terpadu (BST) di Desa Slambur, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun pada Jumat (2/12/2022). ANTARA/Louis Rika


Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Madiun Joko Lelono mengatakan ada banyak kegiatan yang dilakukan di BST Desa Slmabur. Seperti, rehabilitas rumah tidak layak huni bagi warga kurang mampu, penanaman pohon, penebangan bambu, perbaikan ruas jalan dan infrastruktur desa, layanan kesehatan, layanan perizinan, kependudukan, dan lainnya.

"Ada tiga rumah tidak layak huni di Desa Slambur yang diperbaiki. Rumah tersebut diperbaiki supaya lebih layak dan warga yang tinggal di rumah itu lebih nyaman. Selain itu juga pelebaran jalan dari Desa Slambur ke arah Ketandan sekitar 350 meter," kata Joko Lelono.

Selain itu, dalam BST juga ada forum serap aspirasi masyarakat melalui kegiatan sarasehan antara warga Slambur dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun. 

Tak ketinggalan, Bakti Sosial Terpadu juga sebagai ajang untuk mendongkrak pemulihan perekonomian di desa sasaran. Terdapat pasar rakyat dalam kegiatan tersebut yang menyajikan aneka produk unggulan UMKM warga setempat.

Pemkab Madiun terus mendorong pengembangan UMKM warga, di antaranya dengan memberikan ajang kegiatan seperti BST, pameran, festival, serta mempermudah perizinan.

Warga Desa Slmabur sangat antusias dengan kegiatan BST yang digelar di desanya tersebut. Mereka merasa senang dan terbantu dengan upaya Bupati Madiun bersama jajaran yang menghadirkan aneka layanan publik selama seharian ke desa tersebut.

Kegiatan BST di Slambur dihadiri Bupati Madiun Ahmad Dawami didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Penta Lianawati Ahmad, Forkopimda, dan segenap jajaran OPD, Kodim Madiun, Polres Madiun, dan TNI AU Lanud Iswahjudi. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022