Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur kembali menggelar Bakti Sosial Terpadu (BST) dan pada kali ini kegiatan tersebut dilakukan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan pada Jumat (25/11/2022) dari pagi hingga malam hari.

Bupati Madiun Ahmad Dawami menyatakan bahwa kegiatan BST merupakan salah satu upaya Pemkab Madiun untuk mendorong percepatan pembangunan desa seperti yang terus digaungkan oleh pemerintah pusat demi terwujudkan kesetaraan kesejahteraan masyarakat di desa dan kota.

"Desa jujukan BST itu ada dua kondisi, yakni kita datang untuk menyelesaikan masalah atau untuk mengangkat desa tersebut agar semakin maju. Saya melihat di Desa Sidomulyo, permasalahan cukup minim, karenanya tugas kita bersama untuk mendorongnya agar semakin maju," ujar Bupati Ahmad Dawami di sela kegiatan BST di Desa Sidomulyo.

Ia menjelaskan, kegiatan BST juga untuk menyerap aspirasi masyarakat sekaligus mendekatkan pemberian layanan publik instansi ke warga setempat.

Banyak kegiatan yang dilakukan di BST Desa Sidomulyo. Seperti, rehabilitas rumah tidak layak huni bagi warga kurang mampu, normalisasi saluran air, perbaikan masjid, salat Jumat, dan perbaikan ruas jalan.
Bupati Madiun Ahmad Dawami didampingi jajaran melakukan perbaikan rumah tidak layak huni warga kurang mampu dalam kegiatan Bakti Sosial Terpadu (BST) di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun pada Jumat (25/11/2022). ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Madiun


Dilanjutkan dengan peninjauan sarana pendidikan, layanan kesehatan gratis, layanan Kependudukan, bazar UMKM, posyandu, layanan kesehatan lansia, serta pemberian bantuan sosial untuk para kaum disabilitas, dhuafa, janda, dan anak yatim. Selain itu, juga disediakan layanan kesehatan hewan ternak, seperti inseminasi buatan dan lainnya.

Bupati menilai, dengan mendekatkan pelayanan publik, maka masyarakat diharapkan bisa terbantu. Selain itu, dalam kegiatan BST juga ada forum serap aspirasi masyarakat melalui kegiatan sarasehan.

"Dengan kerja keras ini, tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Madiun. Saat ini, dari total 206 desa/kelurahan, ada empat desa di Kabupaten Madiun yang berstatus desa berkembang, 150 desa mandiri, dan sisanya telah maju," kata Kaji Mbing, sapaan akrab Bupati Madiun.

Tak kalah penting, lanjutnya, Bakti Sosial Terpadu juga sebagai ajang untuk mendongkrak pemulihan perekonomian di desa sasaran, utamanya setelah pandemi COVID-19. Melalui kegiatan bazar UMKM dan bantuan modal usaha mikro, potensi-potensi ekonomi lainnya di desa setempat didorong untuk bangkit.

Kegiatan BST dihadiri Bupati Madiun Ahmad Dawami didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Penta Lianawati Ahmad, Forkopimda, dan segenap jajaran OPD. 

Warga Desa Sidomulyo sangat antusias dengan kegiatan BST yang digelar di desanya. Mereka merasa senang dan terbantu dengan upaya Bupati Madiun bersama jajaran yang "memboyong" aneka layanan publik selama seharian ke desa tersebut. (*)

 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022