LKBN ANTARA menggelar pameran foto bertajuk "Bangkit menuju endemi" yang digelar di Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Kota Blitar, Jawa Timur.

Kurator Museum & GFJA, Ismar Patrizki menjelaskan pameran ini digelar sebagai harapan bisa bangkit dari pandemi COVID-19.

"Kami gelar di Blitar dengan harapan kita lebih kuat dan lebih baik selepas pandemi, lebih kuat seperti bapak Proklamator," katanya di acara pameran itu, di Blitar, Jumat.

Kepala UPT Perpustakaan  Proklamator Bung  Karno Nurni Syam mengatakan pameran foto ini menarik, terlebih lagi lokasi acara digelar di perpustakaan Bung Karno.

Ia menyebut, Bung Karno adalah sosok yang sangat sadar kamera dan memperhatikan pencitraan.

"Bung Karno beliau sadar kamera dan memperhatikan pencitraan. Alasannya beliau berlangganan majalah life yang menyajikan foto  pemimpin dunia," kata dia.

Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Akhmad Munir mengatakan di pameran tersebut tergambarkan bagaimana saat pandemi terjadi. ANTARA hadir menggambarkan saat kejadian bahkan dengan segala risikonya.

Dirinya bersyukur bangsa Indonesia saat ini menuju tahapan akan kembali pada kehidupan normal.

Lokasi dipilih di area Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Kota Blitar untuk mengingatkan kembali tentang sejarah, perjuangan Bung Karno dalam kemerdekaan.

Ia berharap dengan mengangkat tema itu ikut memberikan semangat untuk bangkit dari pandemi.

"Ini yang ingin kami sampaikan pada generasi muda untuk meneladani dan bersama-sama mengilhami inspirasi dari pameran ini," kata dia.

Kepala LKBN ANTARA Biro Jawa Timur Rachmat Hidayat menambahkan pameran ini digelar merupakan program dari ANTARA.

"Mudah-mudahan berkah, melalui foto bagaimana Indonesia menuju endemi bagaimana kegiatan pariwisata, pendidikan, perekonomian segera tumbuh menuju Indonesia hebat," kata dia.

Wakil Wali Kota Blitar Tjutjuk Sunario berterima kasih  acara pameran ini digelar di Blitar.

"Ini acara langka, pameran fotografi bangkit menuju endemi ini. Tahun 2020 kehidupan masyarakat tidak bisa bebas. Saat ini tetap waspada tapi kita bangkit dari pandemi ke endemi sehingga bisa bersama-sama bisa beraktivitas normal seperti sedia kala termasuk ada pameran ini," kata Wawali. 

Di pameran itu ditampilkan karya foto pewarta ANTARA mulai 25 November 2022 sampai 1 Desember 2022. (*)



 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022