Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) Polres Situbondo memperketat pengamanan perairan laut di wilayahnya menjelang puncak pelaksanaan KTT G20 di Bali, pada 15 - 16 November 2022.

Kasat Polairud Polres Situbondo AKP Hasanudin mengatakan bahwa per hari ini hingga H+7 pelaksanaan KTT G20 di Bali, akan terus memperketat pengawanan di perairan laut Situbondo, termasuk pintu masuk atau pelabuhan di wilayah itu.

"Kami mulai melakukan patroli di perairan laut Situbondo, termasuk juga melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang kapal feri dari kepulauan di Madura," kata AKP Hasanudin kepada wartawan di Situbondo, Sabtu.

Menurut dia, pengamanan diperketat  karena acara puncak KTT G20 sudah kurang tiga hari, dan bahkan sudah ada beberapa beberapa perwakilan dari berbagai negara mulai berdatangan ke Indonesia.

Pengamanan diperketat dengan melakukan koordinasi bersama Kesyahbandaran, KPLP yang ada di wilayah Pelabuhan Jangkar. Kendaraan roda empat maupun roda dua yang keluar masuk pelabuhan, lanjut dia, diperiksa barang bawaannya, termasuk kartu identitas.

"Kendaraan yang keluar dari kapal, maupun penumpang kapal kami periksa semua barang-barangnya, termasuk kartu identitas. Kalau tidak ada kartu identitas maka kami minta mereka putar balik," ucap dia.

Dia mengatakan, KTT G20 merupakan momen penting untuk menjaga wajah Indonesia di mata dunia.

Oleh karena itu, pihaknya memastikan keamanan di Situbondo, karena bersebelahan dengan Provinsi Bali.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022