PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Situbondo, turut serta mengikuti konvoi motor listrik serentak seluruh PLN di Jawa Timur sebagai salah satu upaya mengedukasi dan mengenalkan motor listrik kepada masyarakat.

Konvoi motor listrik melalui rute seputar perkotaan yang dengan berkeliling kota sekitar 30 menit dan kemudian kembali finis di Kantor PLN UP3 Situbondo.

Manajer PT PLN UP3 Situbondo, Suhandopo mengatakan penggunaan motor listrik ini sejalan dengan misi untuk mengurangi emisi karbon atau net-zero emmision Indonesia pada tahun 2060.

"Harapan kami ke depan makin banyak masyarakat yang peduli akan lingkungan, dan memilih beralih menggunakan motor listrik yang juga lebih hemat dan ramah lingkungan," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Situbondo, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa motor listrik lebih hemat karena hanya membutuhkan 2 kwh atau sekitar Rp.2.900 untuk jarak tempuh sekitar 60 kilometer.

"Edukasi motor listrik ini akan terus kami lakukan secara bertahap dan kontinyu. PLN UP3 Situbondo juga membentuk komunitas motor listrik, yakni 'Taretan's Situbondo Electric Vehicle Safety Rider (TRACCHER). Komunitas ini harapannya dapat terus aktif memberikan edukasi," ujar Suhandopo.

Menurut dia, PLN UP3 Situbondo juga telah memasang stasiun pengisian listrik umum atau SPLU, yang dipasang di Alun-Alun Situbondo.

Suhandopo menambahkan, saat ini berbagai brand motor listrik telah hadir dengan berbagai fitur dan model yang bervariasi serta bermunculan motor listrik di Indonesia.

"Kami optimistis motor listrik ini akan terus tumbuh dan makin banyak penggunanya ke depan," katanya.

Konvoi motor listrik yang diikuti serentak seluruh PLN di Jawa Timur tercatat total ada 1.300 motor, untuk pecahkan Rekor Muri. Konvoi motor listrik dipimpin oleh General Manajer PLN Jatim, Lasiran dan disaksikan juga oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

PLN UP3 Situbondo mencatat sebanyak 55 motor listrik yang juga turut mengikuti konvoi motor listrik. Peserta konvoi terdiri dari pegawai, tenaga alih daya dan mitra kerja PLN. Kegiatan konvoi ini masih serangkaian acara dalam memperingati Hari Listrik Nasional Ke-77.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022