Dosen Teknik Informatika Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Elsen Ronando mengembangkan inovasi digital Sistem Pelayanan Bersurat Sedulur Minggirsari atau disingkat dengan "Simpel Berseri" untuk mempermudah layanan publik masyarakat desa.

"Aplikasi ini telah diterapkan di desa Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar dan mendapat pendaan dari Hibah Program Kemitraan Masyarakat Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun Anggaran 2022," kata Elsen dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Dia mengungkapkan aplikasi ini telah disosialisasikan dan dilatihkan kepada perangkat dan masyarakat desa sekitar dan digunakan untuk memudahkan masyarakat dalam proses permohonan surat.

Aplikasi tersebut dilengkapi fitur pemantauan secara langsung perkembangan proses pengurusan surat yang diajukan oleh masyarakat, sehingga masyarakat bisa memantau.

"Jika proses telah selesai untuk mengambil surat di kantor desa, terdapat keterangan atau status yang jelas seperti terjadinya penolakan jika terjadi penolakan permohonan surat," ujarnya.

Selain fitur pengurusan surat, aplikasi juga dilengkapi fitur informasi profil desa, TV desa, informasi berita desa, informasi wisata desa, tombol panic button untuk peringatan kejadian tidak terduga, pasar desa, dan statistik desa.

"Umumnya aplikasi sejenis hanya dipergunakan untuk layanan surat. Namun ada penambahan fitur dengan pertimbangan berdasarkan penelitian tim terkait aplikasi sejak tahun 2021,” kata dia.

Elsen mengaku, aplikasi SIMPEL BERSERI ini dapat berjalan melalui platform website yang diperuntukkan bagi operator desa dan melalui platform android yang diperuntukkan bagi masyarakat desa.

“Aplikasi ini diharapkan dapat diterapkan di berbagai kota maupun desa di Indonesia. Sehingga, memudahkan masyarakat dalam proses pengurusan layanan surat dan berdampak pada peningkatan layanan publik di Indonesia,” ujar dia.

Elsen juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada DRTPM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan perangkat serta masyarakat Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, yang telah menerima inovasinya.

"Saya berharap aplikasi 'Simpel Berseri' dapat memberikan kontribusi nyata untuk peningkatan layanan publik," kata Elsen. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022