Gedung baru Kantor Bersama Samsat di Jalan Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, siap beroperasi pada awal November 2022.

"Semoga layanan pembayaran pajak masyarakat menjadi lebih optimal dan maksimal," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, melalui keterangan tertulis di Surabaya, Rabu.

Sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan Pendapatan Daerah Jawa Timur (UPT Bapenda Jatim), Kantor Bersama Samsat Gresik yang telah diresmikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada 17 Oktober lalu ini dilengkapi dengan fasilitas gedung representatif untuk mendukung layanan prima.

"Format yang dikembangkan saat ini adalah dokumen berjalan yang membutuhkan waktu maksimal tiga menit selesai," ujar dia.

Mantan Menteri Sosial itu menjelaskan, keberadaan Samsat Gresik lama di Jalan Randu Agung, Kecamatan Kebomas, Gresik, ke lahan eks UPT Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur sebagai Kantor Bersama Samsat yang baru, seiring dengan perkembangan potensi wajib pajak yang semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Kantor Bersama Samsat Gresik yang baru memiliki luas kurang lebih 1,5 hektare itu jauh lebih luas dibanding kantor Samsat Gresik yang lama.

Gubernur Khofifah memastikan, layanan per tanggal 1 November sudah mulai aktif beroperasi, mekanismenya adalah dokumen yang berjalan.

"Pembayar pajak hanya menyerahkan dokumen tinggal menunggu penyerahan, yang berjalan dokumennya. Insya Allah tidak sampai tiga menit urusan selesai," kata Khofifah menjelaskan.

Tidak hanya itu, Gubernur Khofifah menandaskan, layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor bukan hanya dilakukan dengan datang ke Samsat.

"Namun Pemprov Jatim telah memberikan fasilitas pembayaran daring melalui banyak channel pembayaran seperti menggandeng marketplace lewat Indomaret, Alfamart, KB Bukopin, PT Pos Indonesia, dan BUMDes. Juga bisa dilakukan lewat e-Samsat, Tokopedia, Samsat Digital Nasional/ SIGNAL, yang pembayarannya bisa pakai Link Aja dan Go-Pay," kata Khofifah.
 

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nashrullah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022