Pemerintah Kota Surabaya menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Swedia untuk Indonesia, Marina Berg di Balai Kota Surabaya guna membahas transportasi massal.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menyambut positif upaya penguatan kerja sama oleh Pemerintah Swedia. Hal ini selaras dengan kebijakan Pemkot Surabaya yang sedang gencar-gencarnya memperkuat sistem transportasi publik .

"Kami memiliki Trans Semanggi Suroboyo dan Suroboyo bus yang melayani berbagai rute sehingga menjadi kebanggaan warga Kota Pahlawan," kata Armuji di sela pertemuan, Kamis.

Cak Ji, sapaan akrabnya, juga melihat peluang bukan hanya transportasi publik yang perlu diperkuat jaringan dan jangkauannya namun konversi energi dari bahan bakar fosil ke energi listrik juga menjadi perhatian bersama di tengah kemajuan zaman serta mendorong efisiensi.

"Pembangunan berkelanjutan yang menjadi visi pemerintahan Eri Cahyadi-Armuji di antaranya terkait dengan penguatan transportasi publik yang ramah lingkungan dan terjangkau," ujar dia.

Sementara itu, Dubes Swedia untuk Indonesia, Marina Berg mengatakan jalinan kerja sama antara Swedia dan Indonesia sudah terjalin lama, bahkan banyak perusahaan industri asal Swedia yang telah berdiri di Jatim.

"Kerja sama antara Pemerintah Swedia dan Indonesia dimulai 100 tahun lalu. Sedangkan kedatangan kami hari ini bersama delegasi adalah ingin melakukan kerja sama dengan dalam hal transportasi publik," kata Marina Berg.

Menurut dia, kedatangannya kali ini untuk menggali potensi kerja sama di bidang transportasi urban, khususnya Bus Rapid Transit (BRT) system.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022