Ribuan santri beserta para pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Sidoarjo kompak mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

Dalam siaran pers diterima di Surabaya, Kamis, deklarasi dikemas dengan doa bersama beserta shalawat untuk keselamatan Indonesia di Pondok Pesantren Mambaul Quran, Porong.

Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar Jawa Timur, Huriyahi, mengatakan deklarasi dan doa bersama kali ini adalah rangkaian sosialisasi ke daerah-daerah.

"Besarnya animo masyarakat yang hadir dilatarbelakangi keinginan terhadap figur pemimpin seperti Ganjar Pranowo," ujarnya.

Menurut dia, beragam inovasi dan program diluncurkan Ganjar selama masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Tengah demi mensejahterakan masyarakat.

Salah satu program Ganjar yang memikat hati santri Jatim di bidang perekonomian adalah program Ekonomi Pesantren (Ekotren).

Program tersebut digagas Ganjar sejak 2018 guna mendorong para santri mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren.

"Di dalam Ekotren, terdapat sejumlah inovasi seperti 'Toko Santri Gayeng' (Tosaga) yang terbukti dapat memajukan perekonomian pesantren," ucapnya.

Pihaknya berkomitmen terus menyosialisasikan figur Ganjar ke daerah-daerah lain di Jatim sehingga aspirasi dan harapan di Pemilihan Presiden dapat terwujud.

Sementara itu, gema shalawat dipimpin oleh ulama nyentrik dari "Jaringan Mafia Selawat" Gus Ali Sodikin atau dikenal Gus Ali Gondrong.

Di tempat sama, Koordinator Kiai Muda se-Jatim Gus Ali Baidlowi menegaskan sepakat bahwa Ganjar pantas menduduki kepemimpinan nasional lantaran memiliki kedekatan dengan ulama, egaliter, berwibawa, tegas, dan inovatif. 

"Pak Ganjar pro rakyat, lalu selama kepemimpinan di Jateng, program-program pro pesantren. Saya kira program-programnya sangat positif karena memperhatikan kesejahteraan para pengajar agama di Indonesia," katanya.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022