Bupati Situbondo Karna Suswandi mengemukakan ancaman krisis pangan, krisis energi, serta krisis keuangan bahkan berpotensi terjadi kemerosotan dunia dan membutuhkan transformasi besar pasca pandemi COVID-19.

"Oleh karena itu saya mengajak seluruh ASN mengenal inisiatif, kolaborasi, dan inovasi (IKI) yang merupakan karakter Jawa Timur, dalam menjawab tantangan zaman," katanya saat memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-77 Pemprov Jatim, di halaman belakang Kantor Pemkab Situbondo, Jawa Timur, Rabu.

Menurut Bupati Karna, sesuai amanat Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, tiga karakter yakni inisiatif, kolaborasi dan inovasi menjadi kunci jawaban dalam menghadapi tantangan zaman.

Kata dia, inisiatif adalah pendekatan untuk menghadapi segenap persoalan, kolaborasi adalah kehendak kuat yang berupa tindakan nyata untuk bekerja sama dengan berbagai pihak.

"Sedangkan inovasi merupakan implementasi praktis dari suatu ide baru untuk menyelesaikan persoalan. IKI ini jika diimplementasikan, maka pembangunan di daerah akan terwujud dengan baik," ucap dia.

Upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-77 Provinsi Jawa Timur berlangsung khidmat. Seluruh perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat turut serta dalam upacara tahunan ini dengan menggunakan pakaian kemeja dan celana berwarna hitam.

Usai upacara, Hari Jadi Provinsi Jatim juga dilanjutkan pemotongan tumpeng di Lantai II Pemkab Situbondo, yang dihadiri oleh seluruh peserta upacara, termasuk Forkopimda setempat.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022